Lakon Mantu Poci Akan Dipentaskan Teater RSPD

KabarBeritaku.com, ( Tegal)- Teater RSPD Kota Tegal dalam waktu dekat akan mementaskan lakon Mantu Poci. Pementasan tersebut nantinya akan dilaksanakan di Gedung Sasana Langen Budaya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 22 Juni 2019, pukul 08.00 WIB.

Seperti masyarakat Tegal ketahui bahwa Mantu Poci adalah sebuah gelar adat di daerah pesisir Kota Tegal. Acara intinya melangsungkan “pesta perkawinan” antara sepasang poci tanah. Tradisi Mantu Poci dilaksanakan apabila ada pasangan suami istri yang sudah lama menikah dan belum dikaruniai keturunan, namun berniat menggelar pesta hajatan layaknya keluarga-keluarga lainya. Maka sebagai pengganti mempelainya adalah sepasang poci raksasa yang dihiasi dan didandani layaknya sepasang pengantin.
Sutradara pementasan Yono Daryono mengungkapkan bahwa pementasan tersebut adalah dalam rangka Parade Teater Daerah dimana Kota Tegal mewakili dari Provinsi Jawa Tengah.
‘’Kami hadirkan Mantu Poci di Parade Teater Daerah tingkat Nasional, karena mantu poci adalah gelaran adat di Tegal yang sudah lama ada, yang tentunya kami sesuaikan dengan tema penyelenggaraan parade tersebut,’’ ujar Yono.

Dalam kesempatan lain tidak tanggung-tanggung Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono meninjau langsung latihan Teater RSPD Tegal didampingai Pj. Sekda Kota Tegal Imam Badarudin di Teater Arena Taman Budaya Tegal (TBT). (Makmur/Adv/KBk)