KPU Tunda Penetapan Caleg Terpilih Kota Tegal, Ini Penyebabnya

KabarBeritaku.com, ( Slawi )-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal menunda Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Tegal yang rencana bakal digelar di Hotel Bahari Inn.

Ketua KPU Kota Tegal Elvi Yuniarni mengatakan keputusan tersebut diambil sesuai arahan KPU Provinsi Jawa Tengah. “Pelaksanaan rapat pleno terbuka, diminta dipertimbangkan kembali sebab belum ada dasar,” kata Elvi.
Elvi menuturkan, penundaan rapat pleno tersebut terkait belum ada surat dari KPU RI sebagai tindak lanjut surat Mahkamah Konstitusi (MK). “Sebenarnya 1 Juli kemarin kita sudah dikumpulkan di provinsi untuk menggelar rakor membahas kesiapan penetapan, kami juga diinterverisir daerah mana yang terdapat sengketa ataupun tidak. Termasuk daerah-daerah mana yang akan melaksanakan pleno penetapan termasuk tanggalnya,” ungkap Elvi.

Selain Kota Tegal, kata Elvi, daerah Kabupaten/Kota yang bersamaan menggelar rapat pleno penetapan diantaranya Kabupaten Tegal, Brebes, Pemalang dan lainnya. Elvi menyampaikan pihanya belum tahu, kapan rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Tegal dilaksanakan.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Tegal Nurbaeni menuturkan, setelah mendapatkan undangan dari KPU Kota Tegal tentang Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Tegal, Komisioner Bawaslu langsung melakukan koordinasi.

“Kami memutuskan akan menyampaikan saran kepada KPU Kota Tegal untuk berkoordinasi dengan KPU Provinsi terkait belum turunnya surat dari KPU RI sebagai tindak lanjut dari MK. Akhirnya, Kami (Bawaslu dan KPU Kota Tegal) duduk bareng dan ternyata dari pihak KPU Kota Tegal memang sudah memutuskan untuk menunda penetapan sesuai instruksi dari KPU Provinsi,” pungkas Nurbaeni.(Jaylani/Kbk)