Puluhan Mobil Hias Meriahkan Pawai HUT RI Ke 74 di Kabupaten Tegal

KabarBeritaku.com, ( Slawi )– Sebanyak 93 kendaraan hias yang terdiri dari OPD di lingkungan Pemkab Tegal sampai kecamatan, desa hingga organisasi masyarakat turut serta mengikuti karnaval kendaraan hias HUT Ke-74 RI Tingkat Kabupaten pada Kamis (22/8/2019) siang hari.

Karnaval ini mengambil garis start di Gor Tri Sanja Slawi menuju perempatan Procot kemudian lurus menuju GBN sampai perempatan Slawi Pos, kemudian berakhir di panggung kehormatan Alun-alun Hanggawana Slawi. Di panggung kehormatan ini, hadir langsung Bupati Tegal Umi Azizah didampingi oleh Kepala OPD Pemkab Tegal.

Para peserta karnaval terlihat kreatif menghias kendaraan yang menjadi icon di masing-masing instansi tersebut. Salah satunya, kendaraan hias dari Sekretariat Daerah Pemkab Tegal yang menampilkan miniatur Pendopo Amangkurat. Pendopo Amangkurat ini merupakan bangunan yang terdapat di Kantor Pemkab Tegal.

“Tak sekedar miniatur pendopo, di dalam kendaraan hias ini juga terdapat gambar Bupati, Wakil Bupati serta Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal. Selain itu, kami juga memperkenalkan mobil bioskop keliling milik Pemkab ke masyarakat,” ujar Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Pemkab Tegal Zefri Yusuf.

Tak hanya Setda, Kecamatan Jatinegara juga menampilkan durian raksasa sebagai icon atau buah unggulan di Kecamatan Jatinegara. Tidak mau ketinggalan, Camat, Kapolsek serta Danramil Jatinegara tampil kompak di atas mobil yang juga membawa durian raksasa.

Begitupun dengan Puskesmas Kedungbanteng, meskipun hanya modal kendaraan bak terbuka, sembari mengikuti karnaval puskesmas ini juga mengkampanyekan pola hidup sehat. Salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk tidak membuang BAB sembarangan.

Ditemui disela-sela acara, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga selaku panitia karnaval Suharinto menuturkan bahwa serangkaian acara ini merupakan kegiatan memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia. “Kemarin karnaval antar pelajar, hari ini karnaval kendaraan yang disulap menjadi aneka ragam bentuk,” tutur Suharinto.

Suharinto menambahkan bahwa kegiatan karnaval HUT ke-74 RI ini diperlombakan, pemenang lomba akan diumumkan pada puncak acara tanggal 30 Agustus 2019. “Diumumkan pada malam hari, sekaligus konser puncak kemerdekaan yang dimeriahkan oleh Wali Band,” pungkasnya.(Jaylani/KBk)