Peta Berubah, Jumlah Fraksi di DPRD Kabupaten Tegal Berkurang

KabarBeritaku.com, ( Slawi )– Jumlah fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tegal pada periode 2019-2024 dipastikan berkurang ketimbang jumlah fraksi pada DPRD kabupaten Tegal periode sebelumnya. Berkurangnya jumlah fraksi karena perolehan suara beberapa partai tidak memenuhi ambang batas minimal empat kursi untuk bisa membentuk fraksi sendiri.

Hal itu terungkap dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tegal dengan Agenda Pengumuman Fraksi-Fraksi masa jabatan 2019-2024 di Gedung  DPRD setempat, Rabu (4/9/2019).

“Minimal empat orang untuk membentuk satu fraksi sesuai jumlah komisi ada empat komisi. Kalau kurang dari empat harus berbagung dalam satu fraksi atau dengan fraksi lain.

Jumlah fraksi di DPRD Kabupaten Tegal periode 2019-2024 berkurang. Dari sebelumnya 7 fraksi, kini hanya 6 fraksi. Jumlah fraksi periode 2014-2019 meliputi Fraksi PKB, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar ( Partai Nasdem, Partai Perindo, dan PAN ), Fraksi Gerindra, Fraksi PPP Nurani Rakyat,  dan Fraksi Demokrat Sejahtera  yang merupakan gabungan dari Partai  Demokrat  dan PKS,”kata Ketua DPRD Sementara Hj Noviatul Faroh usai memimpin rapat Paripurna.

 

Berdasarkan pemetaan perolehan kursi dalam Pemilu 2019 lalu, ada perubahan komposisi , yakni Fraksi PKB (14 kursi), Fraksi PDI Perjuangan (12 kursi), Fraksi Golkar (6 Kursi) yang di dalamnya ikut bergabung Partai Nasdem (1 kursi), PAN (1 kursi) dan Perindo (1 kursi). Sehingga jumlah anggota di Fraksi Golkar sebanyak 9 orang.

Kemudian Fraksi Gerindra ( 7 kursi ), Fraksi PPP (3 kursi) yang di dalamnya ikut bergabung Partai Hanura (1 kursi). Sehingga jumlah anggota Fraksi PPP sebanyak 4 orang. Sementara Partai Demokrat (2 kursi) dan PKS (2 kursi) membentuk fraksi sendiri bernama Fraksi Demokrat Sejahtera .( Makmur/Kbk)