Milik Potensi Sejarah “Kitab Rambang ” , Kades Danareja Ingin Desanya Jadi Wisata Reliji

KabarBeritaku.com, ( Slawi )– Keberadaan kitab Rambang yang bertuliskan huruf tua Jawa Kuno peninggalan seorang tokoh bernama Syekh Maulana Maghribi, perlu dilestarikan dan dijaga. Bahkan kitab Rambang yang berusia ribuan tahun dan kegiatan pearawatan tersebut bisa dijadikan sebagai wisata religi.

 

Demikian dikatakan kepala Desa Danareja Riaji kepada KabarBeritaku.com, Kamis ( 17/10/2019) disela- sela kegiatan sarasehan kitab Rambang di desa setempat.

 

Menurut Rijai , untuk penataan awal akan dilakukan renovasi dan perbaikan makam. ” Untuk anggaran tidak akan mengambil dari DD , semuanya akan ditanggung oleh pemerintah. Kedepannya akan kita masukan ke RPJMDes desa Danaraja.Semoga harapan kami mewujudkan Danareja sebagai desa Wisata religi cepat terealisasi. Ini juga merupakan kebanggaan kita semua,”ujarnya.

 

Menurut seorang tokoh masyarakat Desa Danaraja Kasmui seorang putra juru kunci sebelumnya, Kitab Rambang wliayah Danaraja memiliki nilai historis yang luar biasa, bahkan didalam nya banyak terdapat tata cara berprilaku dan menjalani berkehidupan, dan bukan sesuatu yang bersifat bersimpangan dengan ajaran agama. Kitab Rambang terdiri dari empat bagian naskah bertuliskan huruf tua Jawa Kuno yang ditempatkan dalam kotak kayu jati kuno dan antik, bahkan kertasnya konon didatangkan dari Turki, diperkirakan dibawa masuk ke Indonesia sekitar abad 17, Syeh Maulana Marghribi dan Syeh Jambu Karang yang makamnya berada di pebukitan daerah tersebut.

Hingga kini masyarakat Desa Danaraja masih melakukan tradisi Kitab Rambang setiap tahun diadakan Upacara Rambang usai melaksanakan sholat Idul Adha dengan mengarak naskah atau Kitab Rambang yang berumur ribuan tahun keliling dari kediaman sang juru kunci menuju Surau atau Saat ini menjadi masjid yang di dirikan oleh Syekh Maulana Maghribi saat itu. Selain Kitab Rambang warga desa juga membawa peninggalan sejarah lain seperti piring panjang Dsb.

Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Tegal Retno Suprobowati SH MM MKn,mengatakan, penemuan kitab Rambang perlu dilestarikan . Oleh karena itu, sebuah peninggalan sejarah ini perlu dilestarikan dan dirawat bahkan dikenalkan kemasyarakat luas. ” Jika perlu jadikan Desa Danreja sebagai desa Wisata nasional, dan saresehan tiap tahun sekali dan pembiayaannya akan di tanggung pemerintah melalui Dinas kami,”jelasnya.(Jaylani/KBk)

 

 

(Jaylani/Kbk)