DPRD Minta Gedung PPIB Difungsikan Sesuai Peruntukkan

  • Whatsapp
Dok/KBk

KabarBeritaku.com, ( Tegal )- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) kota Tegal meminta Pemkot untuk memaksimalkan fungsi Gedung Pusat Promosi dan Informasi Bisnis (PPIB) yang berlokasi di Jalan Kolonel Sugiono. Selain itu, Pemkot juga harus melakukan terobosan, guna peningkatan iklim perdagangan.

Wakil ketua DPRD Kota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin, SE mengatakan, Gedung Pusat Promosi dan Informasi Bisnis (PPIB) kota Tegal saat ini terlihat sepi pengunjung & kurang terawat.” Sangat disayangkan letak gedung PPIB yang strategis belum mampu dimaksimalkan fungsinya oleh Pemkot Tegal. Awal berdirinya PPIB itu untuk memamerkan produk-produk unggulan kota Tegal dan sekitarnya, alasan letak gedung PPIB di jalur pantura agar para wisatawan / pengguna jalur pantura dari luar kota bisa mampir kesitu untuk melihat produk-produk unggulan kota Tegal,” kata Habib Ali Zaenal Abidin di ruang kerjanya, Kamis (02/01/2020) siang.

Read More

Dua Kios di kawasan PPIB tidak terawat. Hanya digunakan sebagai Gudang penyimpanan.

Habib Ali mengungkapkan , Pemkot perlu mengupayakan penambahan fasilitas, seperti toilet dan dilakukan promosi secara intensif, sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk datang ke PPIB.”Sesuai Perda Nomor 2/2012 tentang Retribusi Jasa Usaha untuk item yang disewakan meliputi kios, gedung, dan halaman parkir. Harga kios dibedakan menjadi tiga kelas, sedangkan harga sewa gedung dan halaman parkir ditentukan dari jenis kegiatan komersil atau nonkomersil,” katanya.

Namun ironis dari penelusuran KabarBerotaku.com di kawasan komplek PPIB kios- kios tidak ada satupun kios yang difungsikan sesuai peruntukkannya. Bahkan dari 48 kios, terlihat sebagian masih beroperasi ada yang diperuntukkan untuk bengkel mobil, untuk gudang spare part mobil dan material.

Terpisah staf Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan kota Tegal, Saka membenarkan jika kios- kios di komplek PPIB digunakan tidak sesuai fungsinya. “Sewanya murah makanya banyak orang tertarik untuk sewa kios di sana (PPIB), tapi kebanyakan dari penyewa kiosnya tutup, ada juga yang dipakai untuk gudang spare part mobil & toko material,” kata Saka, staf Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan kota Tegal, Kamis (02/01/2020).( Susilo/KBk)

Related posts