Pemkot Tegal Diminta Perbanyak Sumur Resapan Atasi Banjir di kota Tegal

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( Tegal )– Banjir awal tahun 2020 di sejumlah titik di kota Tegal, membuat anggota Fraksi PAN DPRD Kota Tegal, Nur Fitriani meminta Pemerintah kota Tegal membuat banyak sumur resapan di setiap kelurahan. Sumur resapan disebut dapat mengatasi banjir di kota Tegal.
Menurutnya, selama ini Pemkot Tegal hanya fokus pada saluran dan revitalisasi sungai di seluruh kota Tegal. “Itu cara lama yang mungkin perlu diperbaharui atau ditambahkan upaya baru agar lebih efektif,” katanya.

Sumur serapan itu, lanjut Nur Fitriani, bisa jadi solusi baru untuk tangani banjir di kota Tegal terutama di titik titik yang rawan penyumbatan air atau di sekitar perumahan padat warga. “Pemkot (Tegal) terutama Dinkes harus siap siaga terhadap dampak negatif dari persoalan banjir, seperti diare dan demam berdarah agar tidak muncul persoalan baru di masyarakat,” paparnya.

Read More

Selain itu Terkait tata ruang kota Tegal, Fitriani mengatakan wilayah kota Tegal bagian utara, yang merupakan lahan basah, sudah dibangun permukiman, pabrik, dan pergudangan. Seharusnya lahan basah tidak menjadi daerah permukiman karena untuk area retensi air.

“Konversi lahan basah yang semula berfungsi sebagai area retensi air menjadi area perkotaan dibiarkan terus terjadi selama puluhan tahun dan mengakibatkan luapan air yang semakin meningkat setiap musim hujan tiba,” katanya.
(Susilo/Kbk)

Related posts