Cegah Virus Corona, Wakil Ketua DPRD Minta Pemerintah Perketat Pemudik Masuk Kota Tegal

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, (Tegal ) – Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengumumkan satu warga di Kelurahan Slerok kota Tegal positif virus corona.Selain satu orang positif CCorona Pemkot Tegal juga mengumumkan sebanyak 37 Orang Dalam Pengawasan (ODP), 15 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo mempunyai strategi bagi pemerintah setempat melakukan tindakan preventif terhadap masuknya para pemudik ke kota Tegal jelang Idul Fitri.” Pemudik ini harus diantisipasi sedini mungkin. Ribuan pemudik dari mulai karyawan pabrik, warteg dan pekerjaan lainnya pastinya akan masuk ke kota Tegal saat jelang Idul Fitri. Jika pemkot lamban bisa berpotensi semakin banyaknya penyebaran virus corona yang masuk di Kota Tegal. Pencegahan dini seharusnya dimulai dari Terminal dan Stasiun kota Tegal, karena disana hampir setiap jam menurunkan penumpang dari luar kota. Jadi sebelum ketua RT dan RW sekota Tegal mendata, harus ada tim pencegahan virus corona yang standby di terminal dan stasiun, jika ¬†lolos maka potensi penyebaran virus corona dimungkinkan semakin besar,” kata Wasmad.

Read More

Menurutnya, pencegahan pandemik itu jika dilakukan di tingkat RT dinilai terlambat. “Mereka pulang, lalu sampai rumah bersalaman dengan sanak saudara, sedangkan mereka belum tentu aman dari virus itu, lalu lapor kepada ketua RT, jelas ini langkah yang ditempuh terlambat,Tak hanya itu, fasilitas kesehatan yang menunjang untuk para pasien yang diduga terjangkit virus tersebut harus disiagakan dari sekarang ini. Alat analisa dan pendeteksi serta rumah sakit isolasi, pokoknya semua standarisasi penting untuk disiapkan, termasuk penanganan pasien corona balita dan lansia,” ujarnya.

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, masyarakat juga harus diedukasi terkait pencegahan supaya terhindar virus corona. “Soalnya dikhawatirkan masalah soal tradisi bersalaman, memeluk, itu kan bagian dari persahabatan dan penghormatan. Jadi ini perlu sosialisasi menyeluruh,” jelasnya.

Wasmad juga menyarankan agar Pemkot Tegal bisa memanfaatkan Gor Tegal Selatan jika kedepan PDP virus corona di Kota Tegal semakin banyak. Menurutnya Gor Tegal Selatan cocok untuk menampung PDP virus corona karena jauh dari pemukiman warga dan banyak ruang transit atlet bisa dimanfaatkan.

Ketua tim pencegahan virus corona Kota Tegal, Johardi, upaya Pemkot Tegal di lingkungan terminal dan stasiun hanya menyediakan tempat cuci tangan. “Warga Kota Tegal yang pulang kampung dari kota-kota besar wajib periksa kesehatan di layanan kesehatan terdekat. Kami tidak bisa menghalang – halangi warga kota Tegal yang pulang mudik,” kata Johardi.(Susilo/KBk)

Related posts