Pengurus MDS Rijalul Ansor PC GP Ansor Kota Tegal Dikukuhkan

  • Whatsapp
Ketua PC GP Ansor Kota Tegal, Sarwo Edi membacakan surat keputusan.

KabarBeritaku.com, ( TEGAL )- Pengurus Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor PC GP Ansor Kota Tegal masa khidmah 2019-2023 resmi dikukuhkan, Selasa ( 4/08/2020)malam. Kepengurusan yang dikomandoi Rifan Afif dikukuhkan di pelataran halaman rumah Ketua PC GP Ansor Kota Tegal, Sarwo Edi, di jalan Madiun Kelurahan Kalinyamat Wetan.

“Banyak warisan yang telah diberikan para kiai, baik dalam soal praktik keagamaan maupun berbangsa. Dan hingga kini seluruhnya sangat relefan untuk dilestarikan sebagai khazanah bangsa. Warisan tersebut harus tetap dipertahankan karena diyakini ikut berkontribusi bagi harmoni antar umat, termasuk kecintaan kepada NKRI,” kata pria yang akrab disapa Ustdz Rifan, usai kegiatan Rutinan Malam Rabu Pon sekaligus pengukuhan Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul ansor PC GP Ansor kota Tegal.

Read More

Menurutnya Rijalul Ansor merupakan Majelis Dzikir dan Shalawat yang dibentuk oleh Gerakan Pemuda Ansor untuk menjaga nilai dan tradisi amaliyah NU. “Kegiatan ini sebagai bentuk menjaga tradisi amaliah NU dan mempertahankan paham Aqidah Ahlussunnah waljamaah ala Nahdlatul Ulama. Selain itu sebagai upaya konsolidasi kiai dan ulama muda Gerakan Pemuda Ansor di setiap tingkatan,” katanya.

Ketua PC GP Ansor Kota Tegal, Sarwo Edi mengatakan, berharap, dengan terbentuknya Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor akan membantu dan menopang keberlangsungan program Gerakan Pemuda Ansor. Sarwo mengajak para pengurus dan anggota untuk bekerja secara istiqamah. “Kerja dengan menyesuaikan kondisi kekinian, termasuk gencar menggunakan media sosial,” ucapnya.

Sarwo menegaskan melalui pengukuhan ini, ada semangat baru untuk terus berjihad yakni jihad menyelamatkan semua warisan luhur para kiai.Dalam waktu dekat sambuang Sarwo, PC GP Ansor kota Tegal secara maraton juga akan segera melaksanakan pengukuhan lembaga- lembaga semi otonom Ansor.”Selain pengukuhan MDS Rijalul Ansor.  Rencananya kami ( PC GP Ansor kota Tegal -red) akan melaksanakan pengukuhan lembaga- lembaga semi otonom Ansor lainnya,”jelasnya.

Rangkaian acara Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Pimpinan Cabang GP Ansor Kota Tegal diisi dengan dzikir Rotibul Qubro dan kajian kitab kuning serta pembacaan Surat Keputusan PC GP Ansor Kota Tegal, tentang pengesahan susunan pengurus Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor PC GP Ansor Kota Tegal.

Sementara Pimpinan Wilayah Rijalul Ansor Jawa Tengah,  H Abdullah Faqih Maskumambang dalam kesempatan tersebut berharap, dengan dibentuknya Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor akan menambah Ghirah dalam syiar Islam Ahlussunnah waljamaah Annahdliyah di Kota Tegal. Pria yang akrab disapa Gus Faqih juga memaparkan sejumlah tradisi amaliyah Nahdlatul Ulama di antaranya tahlilan, membaca surah yasin, talqin mayit, dan sebagainya.

“Peningkatan kiprah pemuda Ansor guna turut membangun Kota Tegal. Pembangunan akhlak sangat diidam-idamkan oleh masyarakat kota Tegal seiring perkembangan zaman. Kecanggihan teknologi bisa meningkatkan akhlak generasi kalau digunakan secara bijaksana, tetapi bisa berekses negative ketika disalahgunakan. Rijalul Ansor sangat berarti untuk membentengi moral generasi muda dari pengaruh negatif globalisasi,” ucapnya.(MM/KBk)

 

Related posts