PC NU Kota Tegal Siapkan Pertarung Generasi Z

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( TEGAL )- Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama ( PCNU ) Kota Tegal melalui Pengurus Lakpesdam ( Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) NU kota Tegal mematangkan persiapan “petarung” diera teknologi informasi ( Generasi Z) dengan menggelar pelatihan jurnalistik dan media networking untuk santri. Bertempat di lantai dua gedung PC NU Kota Tegal, Sabtu ( 26/09/2020).

Sekitar 20 pelajar dari kalangan Santri sangat antusias mengikuti Sekolah Jurnalistik dan  media networking mulai pagi hingga berakhir sore hari.

Read More

Panitia benar-benar mengoptimalkan waktu pelatihan  dalam sekolah jurnalistik dan media networking. Setelah dibuka Wakil ketua PCNU Kota Tegal Hasan Kamali pembawa acara langsung mempersilahkan moderator memulai acara pelatihan yang terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 09.30 sampai 12.00. Lalu setelah rehat untuk makan dan salat duhur selama satu jam diteruskan sesi kedua dari pukul 13.00 hingga 15.30.

ketua penyelenggaran Sekolah Jurnalistik dan media Networking, M. Ridwan  mengatakan, melalui program ini diharapkan lahir santri-santri generasi Z yang paham jurnalis dan media sosial yang bisa diandalkan dan menebar kearifan. Menurut pria yang juga menjabat sebagai sekretaris Lakpesdam PC NU kota Tegal, sekolah jurnalistik dan media networking bermaksud juga untuk memerangi informasi-informasi hoax. Ketika santri melek media, tentu mereka tidak mudah menyebar berita hoax. ” Diharapkan dengan kegiatan ini para santri bisa membuat , mengkreasi berita mendidik yang kuasa mencerahkan pada pembacanya. Terlebih mereka para peserta bisa menjadi pertarung di era teknologi,” pungkasnya.

Ridwan menambahkan, peserta pada sekolah jurnalistik dan media networking diikuti sebanyak 20 peserta.” Jumlah pendaftar mencapai 70 orang lebih, namun mengingat masa pandemi corona jadi kami batasi sebanyak 20 peserta saja, sekolah Jurnalistik dan media Networking berlangsung mulai tanggal 26 September hingga 1 Oktober yang dibagi dalam empat kali pertemuan,”tandasnya.

Menurut Ridawan, narasumber yang berbicara pada sesi pertama adalah Ketua PWI kota Tegal, M. Saekhun, Pimpinan Redaksi PanturaPost.com, M. Abduh, menjelaskan dunia jurnalistik dan internet secara umum dari prespektif sebagai praktisi. Kemudian dilanjutkan oleh anggota  LBH Pimpinan Wilayah Ansor Jawa Tengah , Bagus Hendradi , memberi materi pemahamantentang Informasi dan Transaksi Elektronik. ” Untuk sesi kedua pada minggu depan dilanjutkan dengan materi media networtking, sebagai pembicara atau pengisi materi dari kalangan praktisi yang sudah berpengalaman dibidangnya,”jelasnya.

Sementara Wakil Ketua PC NU KOta Tegal, Hasan Kamali, menjelaskan pentingnya memiliki pengetahuan dan ketrampilan jurnalistik. Selain untuk bekal menjadi jurnalis, juga bermanfaat untuk profesi lainnya. Apalagi saat ini, lanjut dia, peranan media massa amat penting di era demokrasi dan di era teknologi . “Kalau ada pertanyaan siapa yang paling kuat saat ini? Yaitu orang yang paling cepat tahu duluan informasi. Yaitu orang-orang yang punya media dan punya networking yang bagus,” jelasnya.

Peserta pelatihan mengatakan sangat puas mengikuti acara ini. Pasalnya, semua narasumber menguasai materi yang disampaikan. “Mereka semuanya membawakan materi dengan bahasa yang jelas dan komunikatif. Apalagi diselingi guyonan segar, sehingga membuat kami betah menyimaknya,” papar Ilyas salahsatu peserta.(Jaylani/KBk)

 

Related posts