Kades Kesadikan Prioritaskan Pembangunan yang Menyentuh Masyarakat

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( TEGAL )- Sejak dipercaya menjadi Kepala Desa oleh masyarakat Desa Kesadikan Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal terus menorehkan pembangunan desa yang telah dipimpinnya.

Kades Ratoni selalu memprioritaskan pembangunan yang menyentuh masyarakat luas, bagi di dalam desa maupun di luar desa. Bangunan yang telah dilaksanakannya yakni, membangun gapura RW. 01 dengan anggaran Rp.50.575.000,-, pembangunan gapura Rw.2 Rp.52.075.000,-, pembangunan gedung serbaguna Rp.287.000,000,-. Kemudian non fisik seperti penyaluran Bantuan Langsung Tunait dengan jumlah penerima sebanyak 409 warga dengan total anggaran sebesar Rp.736.200.000,-.

Read More

Kades Ratoni mengatakan, kepercayaan masyarakat harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena untuk membangun desa tidak semudah yang dipikirkan sebelumnya. Karena ada juga masyarakat yang tidak mendukung sepenuhnya dalam pembangunan dan juga dalam perbedaan politik dalam pemilihan kades sebelumnya. Tetapi, atas kerja keras dan terus bersama warga, akhirnya warga Desa Pelajau untuk membangun desa dan terbukti apa yang telah diberikan oleh pemerintah melalui anggaran dana desa dan alokasi dana desa, pembangunan bisa berlangsung dengan baik hingga masuk pekerjaan 100 persen.

“Sekarang ini tidak ada perbedaan antara warga dengan pemerintah. Semua bersatu untuk membangun desa,” kata Ratoni saat berbincang dengan kabarberitaku.com.

Upaya keras Desa Kesadikan tidak semuanya berjalan lancar, menuurut Ratoni, dampak dari pandemi covid 19, sejumlah pembangunan infrastruktur tidak teralisasi, seperti Normalisasi tersier dengan anggaran Rp.280.000.000,-, pembangunan talud jalan baru sebesar Rp.161.833.000,-. Pembangunan talud pembatas desa Rp.274.350.000,-.Pembangunan pendopo balai desa sebesar Rp.60.000.000,-.” Memang ada beberapa rencana pembangunan ditahun 2020 tidak teralisasi karena dampak covid 19,”ujarnya.

Meski demikian, kata Ratoni, untuk skala prioritas pembangunan infrastruktur di tahun 2021 yakni pengerasan jalan beton di jalan Bajong sebesar Rp. 350.000.000,-. Kemudian pembangunan / peningkatan jalan desa di RW.02 sepanjang 1 kilometer sebesar Rp. 400.000.000,- dan finising pembangunan gedung serbaguna dengan anggaran Rp.250.000.000,-.“ Semua berdasarkan musyawarah desa yang melibatkan BPD dan tokoh masyarakat,”paparnya.

DitambahkannyaRatoni, Dana Desa yang diterima di desanya untuk menyelenggarakan pembangunan fisik dan nonfisik, yang sebelumnya sudah saya musyawarahkan kepada perangkat desa dan warga desa melalui musdes.”Dan semua alokasi yang akan saya bangun ditahun ini sesuai persetujuan dan kebutuhan warga Desa Kesadikan. Maka kami pihak desa akan membangun.Saya menyatakan pula bahwa partisipasi masyarakat untuk membangun desanya cukup tinggi, dengan adanya DD diharapkan partisipasi itu juga terus meningkat. Semoga masyarakat merasakan perkembangan yang di bangun oleh pihak desa,” tutupnya.(Jaylani Iqbal/Adv/KBk)

Related posts