Jalan Amblas Kalibakung Terus Meluas, Retakan Jalan mencapai Kedalaman 40 Centimeter

  • Whatsapp
Pengendara melewati turunan jalan Kalibakung Selasa (16/2/2021). Jalur ini ditutup sementara untuk kendaraan roda empat lantaran jalan kembali ambles akibat pergerakan tanah.(Foto:Jaylani Iqbal/KBk)

KabarBeritaku.com, ( SLAWI )- Jalur menuju objek wisata Guci via Clirit View desa Kalibakung Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Jawa Tengah ditutup untuk kendaraan roda empat. Penutupan jalan ini dilakukan setelah jalan kembali ambles hingga 50 sentimeter. Selasa ( 16/2/2021).

Pantuan Kabarberitaku di kawasan area jembatan Kalimus, petugas juga menutup satu jalur karena retakan jalannya mencapai lebar 40 centimeter.
Kondisi tanah yang labil membuat retakan baru muncul di sejumlah titik dengan kedalaman hingga 40 centimeter. Menurut Bambang Kuntoro, salah satu pemilik warung kopi yang berada di dekat lokasi jembatan kembar kalimus, retakan jalan terjadi sekitar pukul 01.00 dini hari.” Kejadian retak dini hari, saat itu terdengar suara retakan aspal dilokasi jembatan. Ternyata terjadi pergeseran jalan yang aspalnya pada retak. Saya berinisiatif memasang rambu-rambu dengan bambu agar jalan tersebut tidak dilalui pengguna jalan,”ujarnya kepada KabarBeritaku.com, Selasa ( 16/2/2021).

Read More

Sementara menurut kepala dinas pekerjaan umum, Hery Suhartono,melalui kepala bidang jalan, Sudarso, kerusakan jalan ada di dua titik, yaitu tanjakan Clirit View dan turunan Kalibakung Karangjambu tepatnya di sepanjang 750 meter dari Kalibakung arah ke Clirit atau sebaliknya.” Untuk perbaikan sekrang di serahkan ke BPBD, DPU hanya memberikan pendampingan dalam perbaikan jalan retak akibat pergerakan tanah,”jelasnya.

Sudarso mengatakan, saat ini, petugas masih melakukan penambalan menggunakan urukan pasir, batu, juga split dan mengerahkan alar berat.”Alat berat seperti ekskavator dan vibratory roller untuk pemadatan. Tidak hanya ambles, trase (sumbu) jalan yang di Clirit View ini juga bergeser ke timur sekitar 4 meter,” terangnya Selasa (16/2/2021).

selain jalan ambles, pergerakan tanah juga membuat tiang telepon di dekat lokasi juga ambruk, pagar keliling destinasi wisata argo Kalimus Java juga mengalami retak. sementara, jalur menuju Kalibakung dan Clirit View ditutup karena sedang ada pengerjaan perbaikan jalan. Sehingga pengendara disarankan untuk mencari jalur alternatif dan selalu berhati hati melintas dijalur tersebut.

Sebelumnya, setelah sempat diperbaiki pada Sabtu (13/2/2021) ruas Jalan Raya Kalibakung Bojong di Kabupaten Tegal, yang ambles meluas bertambah parah, Minggu (14/2/2021) siang. Akibatnya, antrian panjang kendaraan tak terhindarkan saat proses pemadatan longsoran menggunakan alat berat.(Jaylani Iqbal/KBk)

Related posts