Bapemperda DPRD Kabupaten Tegal Bahas Raperda Pesantren

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( Slawi )- Badan Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Tegal berencana melahirkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pesantren. Tak hanya retorika, pembahasan terkait Perda Pesantren bahkan telah masuk dalam Program Pembahasan (Propem) Perda tahun 2021.

Diruang rapat Badan Anggaran DPRD setempat, Senin ( 15/2/2021), Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Tegal, H. Miftachudin, S.Pd.I, M.Pd didampingi Wakil Ketua Bapemperda H.Bakhrun,SH, M.Kn, bersama anggota membahas tindaklanjut pandangan umum enam Fraksi DPRD terhadap Raperda inisisiatif tentang Pesantren.

Read More

Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Tegal, hH. Miftahudin mengatakan, Raperda penyelenggaran pesantren merupakan program legislasi daerah pada tahun 2021 ini. Usulan regulasi ini dimaksudkan untuk memperkuat kelembagaan dan eksistensi pondok pesantren sebagai salah satu acuan pendidikan Indonesia.

Lebih jauh,ia mengatakan, dilandaskan dari Undang-Undang Nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren yang mengatur mengenai penyelenggaraan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat. Melalui UU tentang pesantren, penyelenggaraan pendidikan pesantren diakui sebagai bagian dari penyelenggaran pendidikan nasional. Dalam kesempatan ini lanjut, Miftahudin, Bapemperda membahas masukan dari sejumlah Fraksi DPRD Kabupaten Tegal. ” Kami ucapkan terima kasih kepada Fraksi- Fraksi di DPRD Kabupaten Tegal yang sudah menyampaikan pandangan umumnya, sebagai masukan Bapemperda DPRD untuk melanjutkan pembahasan tentang RaPerda inisiatif pesantren,”ujarnya.

Menurutnya keberadaan pesantren sangat penting dalam upaya pembangunan masyarakat, ditambah lagi presantren merupakan representasi kebutuhan masyarakat sesungguhnya akan layanan pendidikan dan layanan lainnya.” Maka dari itu, kita akan buat regulasinya,” pungkasnya.( Makmur/Adv/KBk)

Related posts