Ramadhan Mengilhami Penting Nilai Solidaritas dan Peduli Sosial

  • Whatsapp
DOK

KabarBeritaku.com, ( SLAWI )- Bulan Suci Ramadhan ibarat belajar ditengah kehidupan. Karena mengajar dan mendidik setiap generasi Muslim untuk merasakan dan melaksanakan arti iman bagi jiwa dan memantapkan kepribadian Muslim yang sesungguhnya.

Hal ini secara gamblang dikatakan ketua DPRD kabupaten Tegal, H. Agus Salim,SE.,MM, kepada Kabarberitaku.com,Minggu ( 25/4/2021).

Read More

“Sangat banyak makna bulan Ramadhan, tidak hanya bagi manusia sebagai makhluk individu, tetapi juga manusia sebagai makhluk sosial,” ujarnya.

Ramadhan kali ini, Agus Salim, menegaskan bahwa salah satu spirit Ramadhan yaitu, kejujuran dan keadilan.“Kiranya ini dapat mengilhami. Karena tanpa kejujuran dan keadilan, maka apa pun hasilnya tidak akan memberi kemaslahatan bagi bangsa. Kita berdoa, keberkahan Ramadhan juga memberkahi perjalanan bangsa ini ke depan,” harapnya.

Secara khusus Agus Salim mengajak semua komponen masyarakat untuk benar-benar memaknai Ramadhan.“Ramadhan adalah waktu untuk mengasah jiwa, ketajaman hati, empati dan pikiran serta proses menyaring segala perangai kita dan ‘membakar’ semua sifat tercela dan perbuatan dosa sehingga hati kita terus terjaga kebersihannya,” urainya.

Dia menambahkan, namun, walau kesalehan individu menjadi target ibadah puasa, tetapi sesungguhnya dalam konteks kehidupan bermasyarakat, ibadah puasa juga idealnya meningkatkan kesalehan sosial. “Karena ibadah puasa lekat dengan nilai-nilai solidaritas, kepedulian sesama, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan memupuk empati yang tinggi atas penderitaan sesama manusia,”pungkasnya.( Adv/KBk/Makmur)

Related posts