Cegah Peredaran Narkoba, Lapas II B Kota Tegal Musnahkan Puluhan Hp

  • Whatsapp
Kalapas kelas II B Kota Tegal, Andi Yudho Sutijon, didampingi kepala BNN Kota Tegal, Sudirman, melakukan Pemusnahan puluhan Hape hasil razia.( Foto: Istimewa /KBk)

KabarBeritaku.com, ( TEGAL )- Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kota Tegal memusnahkan puluhan hanphone yang disita dari sel napi atau warga binaan. Hal itu guna mencegah pengendalian narkoba dari Lapas.

Kepala Lapas Kelas II B Kota Tegal, Andi Yudho Sutijon mengatakan, rutin melakukan sidak ke kamar-kamar selama kurun waktu dari Bulan Mei hingga Agustus. Pemusnahan barang bukti berupa puluhan handphone, pada Jumat (20/8/2021) tersebut, dihadiri oleh kepala BNN Kota Tegal dan jajaran Lapas II B Kota Tegal.”Ini untuk mencegah peredaran narkoba yang dilakukan para WB yang ada di Lapas kota Tegal,” kata Andi Yudho Sutijon, dalam keterangannya pers yang diterima kabarberitaku.com, Minggu (23/08/2021).

Read More

Berdasarkan hasil sidak sejak bulan Mei hingga Agustus 2021, pihaknya menemukan 31 handphone Temuan barang-barang tersebut langsung dimusnahkan dengan cara di hancurkan menggunakan alat berupa palu.

Sementara itu, lanjut Andi Yudho Sutijon, kegiatan pemusnahan barang bukti berupa handphone merupakan bentuk komitmen pihaknya dalam mewujudkan lapas zero narkoba. ” Lapas II B kota Tegal masih konsisten dalam upaya internal melakukan pembenahan secara kongkrit dalam hal mewujudkan lapas bersih dan narkoba. Hal ini juga merupakan giat P4GN yang akan sering dilaksanakan secara terus menerus,”kata Andi Yudho.

Menurutnya , seluruh HP yang ditemukan dan dimusnahkan sudah dikroscek dan dipastikan tidak menjadi target terkait narkoba. Namun, jika memang merupakan target narkoba. Maka barang bukti Hp diserahkan langsung ke Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk ditindaklanjuti. “Pemusnahan ini juga untuk penegakan disiplin adanya HP, pungutan liar dan peredaran narkoba didalam lapas,”paparnya.

Andi Sutijon berharap, setiap warga binaan lapas II B Kota Tegal, setelah keluar benar-benar bersih dari narkoba.” Mereka tidak lagi terikat dengan dunia hitam itu dan bisa menjalani hidup dengan normal,” ucapnya.

Kepala BNN Kota Tegal, Sudirman mengatakan, mengapresiasi upaya Lapas II B kota Tegal dalam mewujudkan lapas zero Narkoba meski banyak tantangan.” Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Lapas II B kota Tegal dengan memusnahkan hp hasil razia internal lapas terhadap warga binaannya. Ini salah satu bentuk keseriusan pihak lapas untuk memberantas narkoba di dalam lingkungan lapas,”paparnya.( Dian B/Makmur- R1/KBk).

Related posts