Puluhan Pengemis dan Gelandangan Ditangkap

Kabarberitaku.com, ( Tegal )-Dinas Sosial Kota Tegal bersama Satpol PP Kota Tegal, Kepolisian Resort Tegal Kota dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK)  kembali merazia Pengemis, Geladangan, dan Orang Terlantar (PGOT), Selasa (31/7/2018).

Razia kali ini tim gabungan menyasar beberapa titik seperti perempatan maya, Alun-alun Kota Tegal, perempatan RSUD Kardinah, sebelah barat Terminal Tegal.

Kepala Dinsos Kota Tegal, Dyah Kemala Shinta melalui Kasi Rehabilitas Sosial, Budi Santosa mengatakan Sebanyak 19 orang berhasil digelandang ke Kantor Dinas Sosial, Jl. Sipelem No.2, Pekauman, Tegal Barat, Kota Tegal untuk didata, diperiksa kesehatannya dan diberi pembinaan.

“Kita assessment dan juga kesehatan mereka diperiksa, seperti  HIV AIDS dan jenis penyakit lain, apabila memerlukan rujukan kita akan berikana penanganan. Kemudian, setelah kita bina akan dikembalikan ke rumah masing-masing”, kata Budi.

Budi mengungkapkan, razia ini merupakan yang pertama pasca puasa dan hari raya idul fitri. Sebelumnya Dinsos Kota Tegal intens menggelar razia. Menurut Budi, beberapa orang yang terajaring sebelumnya, kini sudah tidak mengemis lagi. “Seperti yang kita ketahui bersama, dahulu sering merazia PGOT dikawasan Gili Tugel dan perempatan RSUD Kardinah, saat ini mereka sudah bekerja”, pungkas Budi.