Disnakerin Luncurkan Pembuatan Kartu Kuning Berbasis Aplikasi Online

Kabarberitaku.com, ( Tegal )- Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal mengeluarlan terobosan baru dalam proses pembuatan kartu AK. 1 atau biasa dikenal sebagai kartu kuning.

Disnakerin baru saja melaunching  aplikasi Lapur Sijaja, Selasa (31/7/2018) di kantor Disnakerin Kota Tegal, Jalan Hangtuah Tegal.  Lapur Sijaja adalah singkatan dari ‘Layanan Paripurna Untuk Siap Kerja Dan Menjadi Sejahtera’.

Kepala Disnakerin Kota Tegal, Heru Setyawan, mengatakan kartu kuning sendiri berfungsi sebagai bukti diri seorang pelamar pekerjaan dalam melakukan pelamaran ke suatu instansi atau perusahaan di Indonesia.

“Sekarang, para pelamar dapat membuat Kartu AK 1 secara online. Para pelamar akan memperoleh barcode untuk proses print out kartu AK 1”, kata Heru.

Selain itu, kata Heru, aplikasi tersebut dapat mememudahkan perusahaan mencari tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai kualifikasi.

Data-data yang telah diisi untuk pembuatan kartu AK.1 nantinya akan terintegrasi dengan kebutuhan perusahaan untuk mencari calon pekerja yang memenuhi persyaratan dan keterampilan.

Sedangkan bagi pencari kerja, aplikasi tersebut dapat menyinergikan kebutuhan perusahaan dengan kemampuan kualifikasi yang dimiliki pelamar.

Sebab dalam aplikasi yang dapat diakses di lapursijajategalkota.co, pelamar dapat melampirkan data-data keahlian melalui sertifikat kepelatihan yang dimiliki pencari kerja.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Ketenagakerjaan Disnakerin, Heri Eko Purnumo menuturkan bahwa aplikasi ini dibuat khusus bagi warga asli Kota Tegal.

Menurutnya, aplikasi Lapur Sijaja ini merupakan program untuk meningkatkan kualitas ketenagakerjaan yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

“Jadi, aplikasi ini penting bagi yang sedang mencari dan sudah mendapatkan pekerjaan. Sebab, para tenaga kerja akan terdata di data base aplikasi berbasis PC ini. Data perusahaan pun demikian,” pungkas Heri.(Makmur/KbK)