Bank Indonesia Tegal Inisiasi Budidaya Bawang dengan Metode TSS

Kabarberitaku.com, ( Tegal )-Mendukung program utama Kementerian Pertanian RI, Bank Indonesia ( BI ) Perwakilan Tegal melakukan penanaman perdana Produksi Benih Biji Botani Bawang Merah (True Shallot Seed/TSS) di kabupaten Brebes. Rabu ( 15/08/2018), di Desa Tuwel kecamatan Bojong, Kabupaten, Tegal.

Bank Indonesia Perwakilan Tegal, bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes melakukan pembinaan/pendampingan dengan harapan Demplot TSS dapat menjadi harapan baru dari segi peningkatan kualitas, produksiserta mutu benih dan terbukanya peluang usaha penangkar benih dalam bentuk biji.”Pemerintah sedang mengembangkan kawasan bawang merah di 46 kab/kota di Indonesia, karena Brebes merupakan salahsatu penghasil bawang merah terbesar di Indonesia (25.000 Ha) maka dapat diposisikan sebagai sentra untuk memenuhi kebutuhan bawang merah dalam bentuk benih dan konsumsi melalui program pemantapan kawasan bawang merah.”jelas Joni Marsius kepala Kantar Perwakilan Bank Indonesia Tegal disela – sela kegiatan menginisiasi demplot penangkaran benih denganmetode TSS bersama Poktan Mekar Jaya yang dihadiri Manajer UPE Sutardi Heru Widyatmoko (Konsultan PUMKM), Sodikin (Kabid. Hotikultura DPKP Kab. Brebes), anggota dan ketua Poktan Mekar Jaya-Bawang Merah Hadi Sutomo, Poktan Berkah Tani – Bawang Putih Ahmad Maufur.

Menurut Joni Bank Indonesia Tegal bekerjasama dengan DPKP Kab. Brebes menginisiasi demplot penangkaran benih dengan metode TSS.Sebagai pelaksanaan kegiatan dipilih Poktan Mekar Jaya yang beralamat di Desa Klampok Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. SedangkanDemplot TSS karena budidayanya agroklimatnya membutuhkan persyaratan khususya itu harus dilakukan pada ketinggian tertentu (minimal 900 DPL) maka pembuatan demplot+4.000 M2 kebutuhan benih bawang merah varietas BimaB rebessebanyak 500 kg.

 

Dalam kesempatan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan dan penandatanganan PSBI Demplot produksi biji botani bawang merah TSS senilai Rp.70.600.000,00 dari KPw BI Tegal kepada Poktan Mekar Jaya dengan disaksikan oleh DPKP Kab. Brebes. Bantuan tersebut dalam bentuk antara lain untuk sarana prasarana produksi, bibit bawang merah, penyediaan lebah untuk penyerbukan, dan lain sebagainya. Sedangkan kelompok tani berkontribusi menyediakan lahan dan tenaga kerja selama kegiatan pilot project True Seed Shallod/TSS.