Rancang Aplikasi Smart Bahari 247, Pemkot Tegal Wujudkan Kota Smart City

  • Whatsapp

Kabarberitaku.com, ( Tegal )- Pemkot Tegal tengah merancang aplikasi Smart Bahari 247 sebagai upaya menyajikan data informasi secara transparan sekaligus meningkatkan partisipasi warga dalam membuat data, aplikasi, memberikan masukan dan kritik membangun kepada Pemkot Tegal.

Hal tersebut disampaikan Plt. Wali Kota Tegal Drs. HM. Nursholeh MM.Pd saat membuka Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Tegal, di Ruang Adipura, Komplek Balai Kota Tegal, Kamis (23/8/2018).

Read More

Disampaikan Nursholeh, sistem tersebut nantinya akan dapat membantu Pemkot dalam mencapai target kinerja yang lebih cepat dan efisien. “Saya ingin meninggalkan kenang-kenangan kepada kota tercinta Tegal yang manfaatnya bisa dimanfaatkan untuk semua,” kata Kang Nur, sapaan akrab Wali Kota.

Pemberian nama Smart Bahari 247, kata Nursholeh, mengambil nama dari semboyan Kota Tegal, Kota Bahari. Yang memiliki arti Kota Tegal yang modern, bersih, aman, hijau, asri, rapi, dan indah terus-menerus selama 24 jam tujuh hari dalam sepekan.

Dalam membuat sistem tersebut, Nursholeh menggandeng PT.Artha Megah Mandiri (AMM) salah satu perusahaan asal Jakarta yang bergerak di bidang teknologi dan informasi.Aplikasi tersebut memanfaatkan berbagai aplikasi teknologi dan sensor untuk mengumpulkan dan memanfaatkan informasi guna mengatur dan memaksimalkan aset dan kekayaan daerah Tegal semaksimal mungkin dalam mencapai kesejahteraan bersama.

“Informasi ini berasal dari data kependudukan, alat dan aset daerah yang diproses, dianalisa, dan dimanfaatkan untuk menertibkan dan memaksimalkan sistem transportasi dan parkir. Pembuangan limbah, power-plants, aparat keamanan, sistem informasi daerah dan nasional, sekolah, perpustakaan, rumah sakit dan klinik, serta komunitas masyarakat lain”, ungkap Kang Nur.

Dengan adanya peran teknologi dan masyarakat yang saling mengisi, maka Tegal menjadi kota yang lebih pintar karena melibatkan warganya, pemerintahnya, kekuatan ekonominya, dan sumber alamnya untuk menjadikan semua kehidupan lebih baik.

“Kelak saat masyarakat nasional atau bahkan internasional merasakan manfaat Smart Bahari 247 ini, kita bisa berbangga bahwa kita dan kota tercinta Tegal adalah pelopornya,” ujar Kang Nur.

Perwakilan PT AMM Sony Kastaradaniswara didampingi Marketing Arif Hijrah mengatakan, Smart Bahari 247 adalah suatu program atau sinergi dari berbagai macam aplikasi teknologi yang dapat digunakan Pemkot untuk mencapai target dengan lebih cepat dan efisien.

“Jadi sebuah aplikasi program yang saling mengisi antara Pemkot dengan masyarakat. Semakin masyarakat mendapatkan manfaat, semakin cepat Pemkot mencapai target itu sendiri,” pungkas Kastaradaniswara.(Soleh/Adv/Kbk)

Related posts