Plt. Wali Kota Meminta Tenaga Kesehatan Mengunakan Rasa Dalam Melayani Masyarakat

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( Tegal ) – Sehat adalah keadaan sejahtera seutuhnya baik secara fisik, jiwa maupun sosial, bukan hanya terbebas dari penyakit atau kecacatan. oleh karena itu untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, pembangunan kesehatan harus dilaksanakan secara berkesinambungan antar upaya program dan sektor, salah satu pilar dari program Indonesia sehat adalah penguatan pelayanan kesehatan dimana salah satu strateginya adalah dengan peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Untuk membentuk keadaan itu maka Pemerintah Kota Tegal melalui Plt. Wali Kota Tegal, Drs. H.M. Nursholeh M.MPd dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr. Sri Primawati Indraswari, Sp.KK, MM, MH melakukan pembinaan karyawan/karyawati di lingkungan UPTD Puskesmas Dinas Kesehatan Kota Tegal, Senin (17/9/18) di halaman Puskesmas Pembantu Kalinyamat Wetan, Kecamatan Tegal Selatan.

Read More

Dalam sambutannya Plt. Wali Kota menyampaikan bahwa karyawan/ karyawati Puskesmas adalah orang-orang yang ahli, kompeten dan berpengalaman di bidangnya, namun untuk memberikan layanan kesehatan yang paripurna kepada masyarakat, dibutuhkan lebih dari itu. “Sebagai ASN, Bapak atau Ibu harus memahami benar dan melaksanakan tugas, pokok fungsi sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ucap Plt. Wali Kota

Tetapi perlu diingat juga bahwa ASN juga memiliki tanggung jawab memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, Oleh karena itu dalam memberikan pelayanan, perlu ada sedikit perbedaan sebab yang kita hadapi ini adalah manusia yang selain dianugerahi akal pikiran, juga dianugerahi perasaan.

Kita perlu peka terhadap apa yang dibutuhkan dan diinginkan pasien tanpa terlebih dahulu mereka harus panjang lebar menjelaskan kondisinya. Terlebih orang yang sedang kurang sehat biasanya lebih sensitive dan lebih ingin dimengerti.

“Gunakan rasa dalam melayani, selalu sapa dan berikan senyuman serta bersikap ramah pada pasien. Dengan demikian mereka akan merasa dimengerti dan nyaman untuk datang ke Puskesmas bukan saja untuk berobat namun juga sekedar berkonsultasi,” ujar Plt. Wali Kota

Plt. Wali Kota juga berpesan agar memberikan pelayanan prima kepada paien, jangan bekerja dengan membawa dan menyebarkan suasna hati yang sedang kurang baik. Taatilah aturan yang ada, dan berikan homat serta dukungan kepada pimpinan selama pimpinan tersebut tidak melanggar hukum, pungkasnya.

Disampaikan oleh Prima bahwa Pelayanan kesehatan dikatakan bermutu apabila pelayanan yang di berikan oleh petugas kesehatan memenuhi atau bahkan melebihi harapan masyarakat. Salah satu upaya untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan, khususnya di puskesmas maka dibutuhkan perubahan sikap pemberi layanan kesehatan serta perubahan lingkungan kelembagaan.

“Pelayanan kepada masyarakat bukan merupakan kemampuan yang baku untuk setiap kondisi, oleh karena itu setiap pemberi pelayanan di tuntut kreativitasnya dalam melayani masyarakat. Dan pada sisang hari ini kita akan melihat bagaimana kreativitas puskesmas dalam memberikan 3s, senyum, salam dan sapa,” ucap Prima.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan komitment Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS – PK) oleh Plt. Wali Kota Tegal, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dan seluruh stakeholder terkait.(Makmur/Adv/KBk)

Related posts