Kewirausahaan Pemuda, Sentuh Sedikit Langsung Take Off

KabarBeritaku.com, ( Slawi )- rangkaian acara Musrenbang 2019 Kabupaten Tegal, Tim Kewirausahaan Pemuda mengadakan Entrepreneurship Great Talk. Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie yang juga hadir dalam acara tersebut, menyatakan serius menggarap program kewirausahaan pemuda. Acara yang diadakan kamis (28\3) dihadiri oleh ratusan wirausahawan muda, ini menandakan mereka sangat antusias menyambut program tersebut.

“Setiap jengkal wilayah kabupaten tegal adalah potensi, dan pemudanya disentuh sedikit saja langsung Take Off” ujar Ardie yang hadir mewakili Bupati Tegal. Ardie membuktikan sendiri lewat roadshownya ke kecamatan-kecamatan, ternyata pemuda kabupaten tegal didorong sedikit saja larinya sudah kencang, ujarnya.

Ia meminta kepada perwakilan Kementerian yang hadir, bersinergi menciptakan ekosistem atau ruang yang aman untuk berkembang. Kemudian setelah mereka berkembang tugas kita selanjutnya adalah menghubungkan dengan jaringan-jaringan luar, ini sebagai bukti hadirnya pemerintah pada sektor kewirausahaan demi kemajuan perekonomian khususnya kabupaten tegal.

Senada dengan Ardie, Asisten Deputi Kepemudaan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Alfredo Sani Fenat juga mengatakan demikian. Menurutnya pemuda butuh ekosistem untuk berkembang, pemuda ini butuh ruang berkreasi untuk berinovasi. Tidak gampang menyatukan mereka, karena pemuda itu berada di lintas sektoral.

“Kita dipusat banyak bicara konsep, realisasinya ada didaerah” kata alfredo. Ia juga mengapresiasi langkah Ardie, Karena di Kabupaten Tegal bisa menyatukan persepsi pemuda dilintas sektoral. Kedepan kita dorong sepenuhnya agar Kabupaten Tegal menjadi model rintisan kewirausahaan pemuda, pungkasnya.

Sementara itu Kepala Biro Perencanaan Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi mengatakan, Pemerintah Pusat kedepan akan fokus pada pengembangan SDM. Menurutnya SDM mereka juga harus ditingkatkan, untuk membentuk disiplin wirausaha. Ia mengaku di Kementerian Koperasi dan UKM mengalokasikan lebih dari 30 persen untuk pengembangan SDM.

Sejalan dengan Zabadi, Deputi Bidang Perlindungan BNP2TKI Anjar Prihantoro Budi Winarso menambahkan. Era kedepan adalah era sumber daya manusia, Jangan anggap enteng usaha kecil, karena bisa menjadi efek luar biasa.

Acara dilanjut dengan diskusi panel, Ardie mempersilahkan pada tamu undangan untuk berkeliling-keliling menikmati keindahan Kabupaten Tegal setelah acara selesai.(Jaylani/Kbk)