Home Bisnis Ingin Kemudahan Investasi Di Kabupaten Tegal, Investor Korea Temui Bupati

Ingin Kemudahan Investasi Di Kabupaten Tegal, Investor Korea Temui Bupati

8
0

KabarBeritaku.com, ( Slawi ) – Perusahaan industri tekstil yang berasal dari Korea , PT. Winners International, mulai membangun pabrik di kabupaten Tegal, meski sempat terkendala proses perijinan. Pihak PT. Winners International menemui Bupati Tegal untuk mencari dukungan agar investasi dipermudah.

Hal itu terungkap saat empat orang pimpinan PT. Winners International, termasuk Chairman-nya Young Jin Kim yang baru datang dari Korea menemui Bupati Tegal Umi Azizah di ruang kerjanya hari Kamis (16/5/2019) kemarin.

Kim bermaksud mencari dukungan untuk kelancaran investasi perusahaannya yang bergerak di industri pakaian jadi ini. Di hadapan investor Winners, Umi menyampaikan dirinya siap menjamin keamanan investasi di wilayahnya. “Saya pastikan, usaha Mr. Young disini aman. Laporkan langsung ke saya jika alami gangguan apa pun di lapangan, seperti di proses perizinannya hingga soal komunikasi yang sulit dengan pihak terkait, termasuk jika ada tekanan dari oknum yang tidak bertanggungjawab”, katanya.
Usai mendapat jaminan dari orang nomor satu di Kabupaten Tegal tersebut, Young didampingi manajer operasionalnya Kim Chan Goo menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya. Setelah mengantongi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), pihaknya segera akan membangun pabrik yang berdiri diatas lahan seluas 34 hektar di Desa Margaayu Kecamatan Margasari. PT. Winners International akan menyerap sebelas ribu tenaga kerja dan langsung diumumkan usai bertemu Bupati Tegal.

Umi menegaskan, kemudahan berusaha harus dimiliki Kabupaten Tegal untuk menggenjot perekonomian daerah, sekaligus menekan angka pengangguran. “Kita punya PR tingkat pengangguran terbuka 8,45 persen, artinya ada 58.203 warga Kabupaten Tegal menganggur, dan ini yang harus kita carikan solusinya. Cara paling cepat adalah dengan membuka industri padat karya seperti garment ini”, katanya.

Dari Winner saja, sambung Umi, sudah bisa membuka puluhan ribuan lowongan kerja, belum dari yang lainnya. Mengutip apa yang disampaikan Kim Chan Goo, Umi mengatakan jika di belakang Winners, sudah ada tiga puluh perusahaan lainnya yang siap tanamkan modalnya ke Kabupaten Tegal jika Winners berhasil masuk. “Keberadaan Winners menjadi kunci masuknya investasi lain kesini”, ujarnya. Umi juga mengatakan, dari investasi Winners, Pemkab Tegal akan mendapat retribusi IMB satu miliar lebih dan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahunan sekitar 200 juta.

Sebelumnya, PT. Winners International berkirim surat kepada Bupati Tegal dan mengurai kendala teknis dan non teknis yang dihadapinya. Usai audiensi, Umi mengungkapkan soal pengurusan AMDAL dan lain-lainnya sudah temui titik terang. “Saya arahkan agar Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Pelaksanaan Berusaha Kabupaten Tegal mengawal investasi Winners”, ujarnya. Umi menargetkan AMDAL bisa jadi bulan Juni mendatang(Makmur/KBk)