DPU PR Kota Tegal Launching PJU Berbasis Smart System

KabarBeritaku.com, ( Slawi )– Dinas Pekerjaan Umum Pemukiman dan Tata Ruang ( DPU PR ) Kota Tegal melakukan Launching Smart System PJU kota Tegal, dan Sistem Informasi Penerangan Jalan Umum (SIPENJALU) menuju Tegal Smart City di ruang lantai 3 Dinas setempat Rabu(12/06/2019).

 

Kepala DPU PR Kota Tegal, Sugiyanto melalui Kabid PJU Dinas PUPR Kota Tegal, Sudjatmiko ST dalam paparannya menjelaskan, sosialisasi ini sesuai dengan judul Forum PESATA dan SIPENJALU. Yakni, sistem informasi berupa Portal Media internet, Media Pelaporan gangguan sarana prasarana kota dan LPJU.” Kami mencoba dengan membuat salah satunya dengan Forum PESATA dalam bentuk Portal Media Internet untuk menampung keluh kesah masyarakat, jadi jika terjadi kerusakan PJU atau mengalami masalah silahkan saja dilaporkan,” terang Jatmiko.

Djatmiko menerangkan, SIPENJALU merupakan sistem teknologi informasi yang dapat mendeteksi kondisi Lampu PJU. Menampilkan data PJU melalui layar internet atau smartphone, serta sarana monitoring PJU yang dapat diakses setiap saat.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Tegal, Sugiyanto ST MT terkait paparan serta sosialisasi PESATA dan SIPENJALU menyampaikan apresiasinya.

Dikemukakan Sugiyanto, Program Membangun Sinergitas Forum PESATA dan SIPENJALU merupakan rencana proper atau perubahan guna lebih meningkatkan pelayanan PJU Kota Tegal yang masih menggunakan sistem manual. Namun kedepan program ini akan menggunakan sistem informasi menggunakan Portal Media Internet yang bisa diakses melalui Hp Android/Smartphone.

“Mana yang PJU-nya mati, dan mana yang hidup semuanya bisa kita pantau. Setidaknya kita sudah memulai pada jalan utama yang menggunakan LED yang bisa dipantau dari kantor atau Hp,” jelas Sugiyanto.

Ditambahkan, bahwa program ini memudahkan pola dan sistem kerja. Karena nantinya akan di integrasikan dengan website yang sudah ada. Setelah di launching dan bisa di akses, masyarakat tidak perlu datang ke kantor Dinas PUPR.(Makmur/Kbk)