Nasib Perwali Kota Tegal Soal Masa Bhakti LPMK Tidak “Jelas”

KabarBeritaku.com, ( Tegal )-Masa bhakti kepengurusan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kota (LPMK) Tegal telah habis sejak Desember 2018. Namun hingga kini lembaga mayarakat yang bernaung di lingkungan kelurahan itu belum juga mengadakan pemilihan ulang ketua dan pengurus lainnya.

Lantas apa yang menyebabkan tertundanya pemilihan ketua dan pengurus LPMK?

Dasar hukum pemilihan ketua dan pengurus LPMK yang digunakan Pemkot Tegal pada periode 2015 – 2018 yaitu Perda nomor 2 tahun 2004 yang mengacu kepada Permendagri nomor 5 tahun 2007. Namun setelah Permendagri nomor 5 tahun 2007 direvisi menjadi Permendagri nomor 18 tahun 2018, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Tegal, Ilham Prasetyo belum bisa menghimbau kepada Lurah sekota Tegal untuk mengadakan pemilihan ketua LPMK dan pengurus periode selanjutnya.

BACA JUGA : Belum ada Perwali Baru Jabatan Ketua LPMK di Kota Tegal Diperpanjang

 

Pasalnya Perubahan Permendagri nomor 5 tahun 2007 menjadi Permendagri nomor 18 tahun 2018 belum dibarengi perubahan Perda nomor 2 tahun 2004. Antara Permendagri nomor 18 tahun 2018 belum selaras dengan Perda nomor 2 tahun 2004. Kepala Bagian Pemerintahan dan Kerjasama Daerah Setda Kota Tegal, Ilham Prasetyo melalui Kepala Sub Bagian Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan Setda Kota Tegal, Nauli Astomo menjelaskan bahwa masa bhakti kepengurusan LPMK dalam Permendagri nomor 5 tahun 2007 yaitu selama 3 tahun namun tidak dibatasi periodenya, sedangkan dalam Permendagri nomor 18 tahun 2018 mengatur bahwa masa bhakti kepengurusan LPMK selama 5 tahun namun dibatasi hanya 2 periode.

Kapan akan diadakan pemilihan langsung LPMK sekota Tegal?

Nauli juga menjelaskan bahwa sampai saat ini Peraturan Walikota (Perwal) yang mengatur tentang kepengurusan LPMK belum dibentuk. “untuk kepengurusan RT dan RW, kami sudah punya Perwalnya, namun untuk kepengurusan LPMK sampai saat ini dasar hukum kami yaitu Perda yang mengacu kepada Permendagri” terangnya.

Sampai saat ini, kata Nauli, pihak pemkot Tegal belum bisa memastikan kapan pemilihan kepengurusan LPMK periode 2018 – 2023 dilaksanakan. (Susilo/KBk)