Dewan Desak Pemkot Tegal Bentuk Pansel Sekda

KabarBeritaku.com, (Tegal ) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kota Tegal mendesak Pemerintah Kota Tegal segera membentuk Panitia Seleksi Jabatan Sekretariat Daerah ( Sekda ). Hal ini dikarenakan masa jabatan Sekda sudah lima kali kosong dan di jabat Pejabat Sementara ( Pjs).

“Berdasarkan UU No. 23/2014 tentang pemerintahan daerah Pasal 214 ayat (3) disebutkan masa jabatan penjabat sekretaris daerah paling lama 6 bulan dalam hal sekretaris daerah tidak bisa melaksanakan tugas, atau, paling lama 3 bulan dalam hal terjadi kekosongan sekretaris daerah,” kata anggota Fraksi Pantura Abas Toya Bawazier,S.E kepada kabarBeritaku.com, belumlama ini.

Menurut Abas Toya, dalam penjelasannya wali kota Tegal mengaku pernah menyatakan sudah membentuk panitia seleksi ( Pansel ) jabatan sekda. Namun kata Abas, saat dilakukan investigasi hingga saat ini Pansel untuk jabatan Sekda dibentuk. “Berdasarkan hasil investigasi kami, Pansel itu belum dibentuk. Bahkan nama-nama calon pansel belum diinventarisir.” ucap Abbas.

 

Abas mengatakan, pembentukan pansel harus segera dilakukan jauh-jauh hari, agar proses seleksi calon Sekda sesuai dengan aturan yang berlaku. Sehingga menghasilkan calon sekda yang mumpuni.“Kita tidak mau terjebak soal kriteria. Yang jelas kriteria calon Sekda ya tentu memiliki integritas dan mampu bersinergi dengan kita (legislatif-red). Ini tentu harus dimulai dari tim pansel yang memiliki integritas,” sambungnya.

Oleh karena itu Abas meminta kepada Wali kota Tegal Dedy Yon untuk tidak mempercayai kinerja bawahannya sebelum di kroscek. Bukan hanya itu, keterlambatan turunnya disposisi dari walikota Tegal juga menurutnya menjadi topik yang paling hangat beredar di lingkungan Pemkot Tegal.

“Kami berharap walikota Tegal bisa memperbaiki birokrasi yang lebih cepat, mudah dan tepat. Jangan sampai terulang acara sudah selesai namun proposal kerja belum dibaca atau belum diketahui.” pungkasnya. ( Susilo/KBk)