Ribuan Pencari Kerja Antre di Job Fair di Kawasan Gor Tri Sanja Slawi

KabarBeritaku.com, ( Slawi )– Ribuan pelamar pekerjaan memadati kawasan Gor Tri Sanja, Slawi pada Senin (2/9) pagi. Dari hasil pantauan tercatat pada pukul 10.00 WIB pelamar yang datang sudah mencapai 1.847 orang. Pameran bursa kerja atau job fair ini diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemkab Tegal selama dua hari dari 2-3 September 2019 pada pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB, dengan harapan mampu mengatasi permasalahan pengangguran di Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Tegal.

Terdapat 40 perusahaan ternama dan 96 posisi jabatan dengan total 9000 lowongan tenaga kerja. Seperti PT. Astra Autopart Group, PT. Sakai Indonesia, PT. Astra Group, PT. Gunung Slamat, PT. Sebastian Jaya Metal, Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia , PT. Champ Resto Indonesia, BTPN Syariah, RS Mitra Siaga, PT. Summit Oto Finance, PT. SKF Indonesia, PT Hamana Works Tira hingga LPKA Henita.

Pada kesempatan ini, Bupati Tegal Umi Azizah sangat mendukung baik diselenggarakannya Job Fair Kabupaten Tegal tahun 2019. Menurut Umi, sinergitas antara perusahaan dan pemerintah ini mampu menjadi peluang terbuka bagi para pencari pekerjaan. “Ini merupakan salah satu upaya dan sarana mengurangi pengangguran. Sehingga masalah pengangguran di Kabupaten Tegal secara bertahap bisa diselesaikan,” pungkas Umi.

Terkait dengan UMK di Kabupaten Tegal, Umi mengatakan bahwa Pemkab Tegal telah berupaya mensejahterakan tenaga kerja dengan meningkatkan UMK sebesar 8,03 persen dari tahun 2018 atau Rp. 1.617.000,00 menjadi Rp. 1.747.000,00. “UMK ini terus kita sesuaikan dengan kebutuhan hidup layak di Kabupaten Tegal,” katanya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Tegal Moh. Nur Ma’mun menyampaikan bahwa pada Desember 2018 jumlah penganggur di Kabupaten Tegal terdapat 53.550 orang. Dengan banyaknya jumlah pengangguran itu, Ma’mun berharap job fair ini dapat menjadi sarana mempertemukan secara langsung pencari kerja kepada perusahaan pengguna tenaga kerja. “Diharapkan mampu menyerap angkatan kerja sebanyak-banyaknya, sehingga dapat menekan angka pengangguran daerah,” ujarnya.

Ditambahkan Ma’mun, bagi para pencari pekerjaan yang akan mengikuti job fair tersebut dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui laman online e-bursakerja.kemnaker.go.id. (Jaylani/Kbk)