Revitalisasi Pantai Muarareja Indah, Pacific Paint Kucurkan 1600 Liter Cat

KabarBeritaku.com, ( Tegal )- PT Pabrik Cat dan Tinta Pacific Paint (Pacific Paint) berupaya merubah wajah Pantai Muarareja Indah yang terletak di kelurahan Muarareja Kec. Tegal Barat kota Tegal dengan melakukan aksi pembangunan infrastrutur dan pengecatan mulai dari pintu gerbang, dinding pinggir pantai hingga kios pedagang yang berjualan di sekitar pantai tersebut.

 

Corporate Head of Marketing Pacific PaintLewat, Ricky Soesanto, mengatakan , program community social responsibility, produsen cat berbasis di Tangerang ini melakukan renovasi fasilitas destinasi wisata Pantai Muarareja. “Kami menekankan pembangunan fasilitas umum, musholla, MCK, 15 spot fotografi yang instagrammable, perbaikan gerbang masuk, penyediaan puluhan tempat sampah, penggantian hampir 100 tenda, atapnya kita ganti dengan pemasangan papan nama warung,” kata Ricky, Sabtu (7/9/2019) malam saat jumpa pers.

Pengecatan dilakukan selama sekitar enam minggu dan menghabiskan sedikitnya 1600 liter cat. Kegiatan pengecatan melibatkan warga dan pedagang sekitar pantai, sementara pola dan desain gambar ditentukan oleh Pacific Paint dengan seni mural dan ornamen yang menyesuaikan dengan kearifan lokal.

BACA JUGA : Tokoh Agama, Menilai “Rusaknya” Citra Pariwisata Muarareja Tergantung Pedagang

BACA JUGA : Walikota Tegal Resmikan Muarareja Indah Festival

BACA JUGA : Festival Tegal Bahari Hadirkan Berbagai Kegiatan

Ricky mengatakan aksi pengecatan tersebut merupakan merupakan rangkian dari kegiatan Festival Tegal Bahari, seain itu perbaikan infrastruktur dan pengecatan juga menjadi salah satu program corporate social responsibility (CSR) perusahaannya sebagai bentuk kontribusi dalam meningkatkan daya tarik pariwisata di kota Tegal khususnya Pantai Muarareja .

“Langkah ini diharapkan membawa dampak positif bagi ekonomi masyarakat karena akan menciptakan lapangan kerja sekaligus meningkatkan omzet para pedagang,” ujarnya

Sementara dipilihnya Pantai Muararareja oleh Pacific Paint menurut Ricky karena pantai tersebut merupakan salah satu icon pariwisata di kota Tegal yang dikenal dengan wisata Bahari yang harus dirawat dan diperbaiki. Selain itu ada sekitar 96 pedagang yang menggantungkan hidup dari berdagang rujak lontong di sekitar pantai. “Kalau wisatawan tambah banyak, kan jualan rujaknya juga makin banyak, selain itu juga jualan lainnya tambah,” paparnya.

Sementara, total anggaran yang dialokasikan Pacific Paint untuk CSR di Pantai Muarareja ini mencapai di atas Rp 1 miliar. Penyelenggaraan Festival Tegal Bahari ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Tegal serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Muara Indah. ” Kegiatan pengecatan menggunakan produk Pacific Paint seperti Metrolite Acrylic Emulsion, Metrolite Waterproofing dan Glotex Super Synthetic Paint mulai dari pintu gerbang utama, mushola, toilet, panggung serbaguna, menambahkan mural yang menggambarkan kekayaan alam Indonesia terutama bawah laut,” paparnya

Pantai Muarareja memiliki bentang panjang pantai 1800 meter. Pantai wisata ini bersebelahan dengan perkampungan nelayan .” Selain pantai kami  juga  melaksanakan pengecatan kampung nelayan dengan tampilan warna-warni. Banyak warga di kampung ini yang berkegiatan membuat ikan asin, terasi dan sebagainya dengan cara menjemur hasil ikan tangkapannya. Di kampung ini kami juga berinisiatif membangun sentra oleh-oleh,” jelas Ricky.

Sementara ketua Pokdarwis Muarareja Indah, Ranyan mengatakan, Pokdarwis terbentuk tahun 2014 dengan pengurus inti 15 dengan agenda utama saat itu merevitalisasi kawasan pesisir Muarareja yang rusak oleh abrasi air laut.”Pantai ini dulu pantai yang rusak parah terkena abrasi, kotor, . Ada 20 ha lahan tambak yang ikut rusak terkena abrasi. Aktivis lingkungan seperti Pak Suharjo dan Pak Wage kemudian bersama-sama membentuk rembug warga untuk pembuatan sabuk pengaman pantai, dan 2014 kita bentuk Pokdar Wisata,” ujar Makmur.

Ranyan juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Pasipic Paint atas program CSRnya.sejak ada program revitalisasi Pantai Muarareja Indah  oleh Pacific Paint, arus kunjungan wisatawan ke pantai ini melonjak signifikan.

“Ada peningkatan pengunjung sangat sigifikan,di Lebaran 2018, kita hanya dikunjungi 39.055 pengunjung wisatawan, tidak termasuk wisatawan yang datang dengan bermobil. Setelah ada renovasi oleh Pacific Paint di 2019, di hari libur Lebaran pada Juni 2019, ada kenaikan menjadi hampir 50.000 pengunjung,” tutur Ranyan.

Acara peresmian wajah baru Pantai Muarareja Indah tersebut dilakukan oleh Wali kota Tegal Dedy Yon Supriyono hari Minggu (08/09/2019).(Makmur/Kbk)