Antisipasi Banjir, Paser Mania Tegal Gotong Royong Bersihkan Enceng Gondok

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( Tegal )– Puluhan Paser Mania Tegal (PMT) ikut terjun kesungai bersama dengan BPBD Kabupaten Tegal, TNI, organisasi kemasyarakatan, masyarakat setempat, lembaga desa dan komunitas pecinta lingkungan hidup, Diskimtaru, dan PMI Kabupaten Tegal dalam aksi Kegiatan Kerja Bakti Pembersihan di Sepanjang Sungai Kaligung, Minggu (8/12/2019).

Kegiatan yang diikuti sekira 500 orang tersebut dan dibantu armada 3 Dum Truk dari Dinas Lingukan Hidup Kabupaten Tegal, 5 Gerobak dan 3 Perahu dari BPBD Kabupaten Tegal ini bermula dari banyaknya tanaman gulma Enceng Gondok yang menutupi aliran sungai dari jembatan Pekiringan sampai jembatan Ekoproyo sehingga bila dibiarkan ketika ada hujan deras dapat menimbulkan penyumbatan dan banjir serta bisa merusak tanggul bendungan desa Pesayangan.

Read More

Disampaikan oleh Muhammad Arif atau yang akrab disapa Bang Ayiep saat memimpin pasukan PMT dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa ini adalah salah satu kegiatan kepedulian terhadap lingkungan dan sangat mendukung setiap kegiatan serupa.
Bang Ayiep menjelaskan, selaku komunitas yang berkecimpung di sungai sangat apresiasi sekali dengan kegiatan ini, mengingat kaligung adalah sungai utama Kota dan Kab. Tegal yang menampung sebagain besar hajat hidup warga Kota dan Kab. Tegal, saat ini dengan banyaknya tanaman gulma enceng gondok yang tumbuh menutupi sebagai besar wilayah perairan sungai Kaligung dapat menjadikan anacaman ketika musim hujan tiba.

“Dengan adanya kerja bakti ini merupakan wujud kepedulian warga masyarakat dan kami komunitas Paser Mania Tegal untuk peduli terhadap lingkungan terutama bantaran sungai di wilayah Kota dan Kabupaten Tegal,” ucap Bang Ayiep.
Sementara itu disampaikan oleh Pj. Lurah Pekiringan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, Muhammad Aksan SIP. MP bahwa kegiatan solidaritas pembersihan sungai yang melibatkan seluruh elemen masyarakat merupakan kegiatan untuk menjaga kebersihan lingkungan dimana jika lingkungan bersih maka masyarakat akan hidup sehat dan diharapkan dapat mengurangi resiko atau menanggulangi bencana banjir.

Anggota DPR RI Dapil 9 Jateng, Dr. Dewi Aryani M. Si juga mengpresiasi dan memberikan semangat kepada para relawan yang ikut dalam kegiatan tersebut dan mengharapkan masyarakat lebih peduli dengan lingkungannya.
Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Camat Talang Kabupaten Tegal, Noor Alina Agustini, Anggota DPR RI Dapil 9 Jateng, Dr. Dewi Aryani M. Si, Pj. Lurah Pekiringan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, Muhammad Aksan SIP. MP, Forkopimcam Talang.( Susilo/Kbk)

Related posts