Listrik Padam Saat Ada Petir ?? Ini Penjelasan PLN Tegal

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, (Tegal) – Intensitas curah hujan tinggi hingga akhir bulan Februari 2020 yang diprediksi oleh BMKG dipastikan akan berdampak terhadap berdampak pada gangguan jaringan APJ PLN Tegal. Manager UP3 Tegal Mosses Allo, melalui koordinator APJ PLN Tegal,Wina Puspita Asih, menghimbau kepada seluruh masyarakat Tegal dan sekitarnya agar lebih waspada bahaya tersengat listrik saat musim hujan dan banjir.

“Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti tersengat listrik, baik pekerja lapangan (PLN) maupun masyarakat dihimbau untuk mengecek jaringan SUTR/SUTM, pastikan tak ada kebocoran listrik. Kami juga sedang giat melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahaya listrik saat musim hujan,” terangnya.

Read More

Selain itu, lanjut Wina, kami juga sedang giat melakukan pemeriksaan kondisi tiang jaringan untuk mencegah terjadinya tiang roboh. “Memperbaiki hasil pemeriksaan unsafe action dan unsafe condition serta memastikan penggunaan alat pelindung diri dalam setiap aktivitas kerja,” pungkasnya.

Mengapa aliran listrik di kota Tegal & sekitarnya seringkali padam saat ada petir?

Mosses Allo, manager UP3 Tegal melalui Purna, Supervisor Operasi Distribusi menjelaskan tegangan arus listrik untuk wilayah APJ Tegal 20 kilo volt sedangkan petir tegangan surjanya 175 kilo volt, peralatan isolator kami hanya sampai 125 kilo volt. “Apabila tegangan surja petir itu masuk ke sistem kami baik secara langsung maupun tak langsung maka peralatan proteksi kami bekerja sehingga listrik menjadi padam. Hal ini untuk mencegah kerusakan lebih fatal dalam sistem kami. Setelah terjadi surja petir peralatan kami kadang ada yang mengalami gangguan atau kerusakan itu yang menjadikan nyala (aliran listrik ke masyarakat) lama,” kata Purna di ruang kerjanya, Kamis (16/01/2020) siang.

“Kami sedang mengupayakan untuk mengusulkan anggaran agar saat ada petir, listrik tetap nyala. Semoga bisa segera,” kata Gilang Supervisor pemeliharaan jaringan listrik.(Susilo/KBk)

Related posts