Ratusan Karung Berisi Limbah B3 Ditemukan di Hutan Bumijawa Tegal, Tunggu Langkah Polisi

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( Slawi )- Ratusan karung berisi Limbah bahan, beracun dan berbahaya (B3) yang ditemukan di Desa Batumirah ( Hutan Jurangmangu ) , Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Untuk tindaklanjut penemuan tersebut masih menunggu  penyidikan dari kepolisian setempat. Hal tersebut diungkapkan oleh Kasi Penaatan Hukum Lingkungan, Khairuddin saat ditemui pada Selasa (21/01) di Kantor Dinas Lingkungan Hidup.

Read More

“Limbah B3 dalam karung yang ditemukan pada Senin ( 20/01/2020) dapat dikategorikan kedalam tindak pidana yakni melanggar Pasal 104 UU PPLH, karena sembarangan membuang limbah . Maka dari itu, pihak yang terlebih dahulu menangani kasus ini adalah kepolisian Bumijawa,”ujarnya.

Beliau menambahkan, pihaknya hanya berwenang melakukan pengawasan terkait izin perusahaan terutama yang ada disekitar lokasi penemuan limbah. “Apabila nanti bukti-buktinya sudah jelas baru akan kami tindak lanjuti sesuai peraturan yang berlaku,”tambah Khairuddin.

Diduga, karung berisi limbah B3 ini dibuang pada malam hari oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga tak satupun warga yang melihat maupun mengetahui aksi pencemaran lingkungan tersebut.

“Sanksi yang akan diberikan kepada pelaku pembuangan limbah B3 secara sembarangan yaitu dikenai denda sebesar Rp3 Miliar serta izin usahanya dapat kami cabut,”tegasnya.(Jaylani/KBk)

Related posts