Walikota Tegal Dinilai Panik Atasi Corona

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, (Tegal) – Fraksi PAN DPRD Kota Tegal Ely Farisati menilai Walikota Tegal terlihat panik dalam mengatasi penyebaran Covid 19. “Apa yang dilakukan Pemkot Tegal dengan menutup jalan merupakan tanda kepanikan. Pemkot Tegal belum melakukan tindakan preventif secara maksimal kok tiba – tiba tanpa koordinasi dengan DPRD melakukan isolasi wilayah. Ingat ketenangan adalah sebagian dari obat,” kata Ely pasca sidak di gedung DPRD kota Tegal, Senin (30/03/2020) siang.

Dia menilai Pemkot Tegal tidak konsisten dalam mengambil kebijakan pencegahan Covid 19. Menurutnya, saat awal Pemkot Tegal menyebut akan melakukan lockdown, kemudian diganti dengan lokal lockdown, diganti lagi isolasi wilayah dan yang terbaru adalah isolasi terbatas.

Read More

Menurutnya, Kota Tegal adalah satu satunya kota di Jateng yang heboh, padahal korban yang positif Covid 19 cuma 1 orang, itupun saat ini sudah membaik.

Menurut Ely, apa yang dilakukan Walikota Tegal justru membuat panik masyarakat kota Tegal. “Dengan viralnya sikap Walikota di media, justru membuat kepanikan. Salah satu tugas pokok pemimpin adalah menenangkan warga, berikan solusi yang terbaik. Saran saya, jika ingin mendapat simpatik warga, dibuka kembali jalan yang sudah ditutup beton, lakukan upaya preventif lebih massif misal perbanyak bilik semprot disinfektan, bagi masker ke seluruh warga, himbauan cuci tangan, jaga kebersihan dan jaga jarak aman lebih digaungkan, perketat pengecekan kesehatan bagi pemudik yang masuk,” katanya.

Dia menyarankan kepada Walikota Tegal, gunakan pendekatan gaya kepemimpinan yang bijak. “Menangani covid 19 jangan dijadikan sarana untuk viral atau cari sensasi tapi fokus cari solusi terbaik dengan duduk bersama, berpikir bersama, dan bekerja sama dengan pendekatan yang bijak,” pungkasnya.(Susilo/KBk)

Related posts