Ziarah Kubur Jelang Puasa Ramadan Masih Ramai di Masa PSBB kota Tegal

  • Whatsapp
Warga berziarah kubur jelang Ramadan di salah TPU kota Tegal.(Foto:MM/Kabarberitaku.com)

KabarBeritaku.com, ( TEGAL )– Menjelang bulan suci Ramadan yang bertepatan dengan pada hari Jumat Kliwon, beberapa tempat pemakaman umum (TPU) ramai dikunjungi warga yang berziarah. Pandemi Covid-19 tak menyurutkan niat mereka untuk memanjatkan doa.

Pantuan KabarBeritaku.com, sejumlah Tempat Pemakaman Umum ( TPU ) sudah menjadi tradisi jika menjelang ramadhan dan Jumat Kliwon ziarah kubur sudah menjadi kebiasaan rutin, bahkan tradisi ini akan berlangsung setelah melaksanakan puasa Ramadan selama sebulan penuh.

Read More

Meski kota Tegal sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), banyak peziarah kurang memperhatikan keselamatan agar tidak tertular Covid-19 sebagaimana himbauan Pemerintah kota Tegal. Terpantau sejumlah peziarah tidak menggunakan masker, selain itu tidak terdapat petugas untuk menghimbau penggunaan masker dan tidak tersedianya sabun dan cuci tangan ketika memasuki area pemakaman.

Nunung bersama suami dan anaknya, melaksanakan ziarah kubur ke makam orang tua dan kakeknya di pemakaman umum Panggung kecamatan Tegal Timur kota Tegal. Mereka berdoa di atas pusara ayah kandung dan kakeknya dari keluarga mereka. “Setiap jelang bulan suci Ramadan, apalagi ini juga Jumat kliwon keluarga kami sudah terbiasa melaksanakan ziarah kubur ke makam orang tua yang sudah meninggal. Kami berharap orang tua kami menjadi penghuni surga,” harap Nunung kepada kabarberitaku.com usai melaksanakan ziarah kubur.

Ia mengatakan memberikan doa kepada orang yang sudah meninggal, khususnya dari anaknya yang masih hidup kepada orang tuanya merupakan sebuah keharusan. “Soalnya kita dilahirkan oleh orang tua, dan dibesarkan oleh orang tua serta dididik dan dibina oleh orang tua. Sudah sewajarnya kita memberikan doa kepada orang tua yang sudah meninggal,” kata Otang.

Salah satu penziarah Evi Nur Putri menyatakan, ziarah kubur menjelang Ramadan dan Jumat Kliwon sudah menjadi tradisi keluarganya selama turun temurun. “Sudah tradisi kalau mau puasa itu ziarah dulu, apalagi ini pas jumat kliwon,” ujar dia.(MM.1/KBk)

Related posts