PKB Kabupaten dan Kota Tegal Gelar Muscab, Penentuan Pengurus DPC Kewenangan Pusat

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( Tegal )- Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) kabupaten/kota Tegal menggelar musyawarah cabang (Muscab) Sabtu,(6/3/2021). Namun untuk penentuan sebagai ketua DPC periode 2021-2026, menjadi kewenangan mutlak pusat (DPP).

Muscab akan dilaksanakan melalui video conference dengan pengurus PKB pusat. Menurut info yang mana Muscab tersebut dilaksanakan serentak se-Indonesia, bukan hanya di Kabupaten Tegal saja. Akan tetapi, peserta yang hadir di Kantor DPC tetap harus mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan ketat.

Read More

DPC PKB Kabupaten / Kota Tegal Tegal hanya tinggal menunggu penunjukan dari dewan pengurus pusat PKB. Dari hal tersebut, tidak perlu adanya pemilihan atau pengajuan nama calon ketua. Untuk itu, semua jajaran di DPC PKB kota tape ini berpeluang untuk menjadi nahkoda partai NU tersebut.

Sekretaris DPC PKB Kabupaten Tegal, H. Agus Salim, SE,MM menyampaikan, bahwa penunjukan langsung dari DPP (dewan pengurus pusat), hal itu untuk meminimalisir konflik.Agus Salim menegaskan, bahwa menjelang Muscab 2021 di tEGAL tak ada gesekan apa pun. Sebab, Dewan Pengurus Pusat yang memberikan keputusan. Bahkan kata dia, yang akan menjadi pengurus nantinya bukan karena faktor kedekatan dan sebagainya.

“Penilaiannya adalah kinerja setiap person. Sehingga pengurus nanti menjadi suatu kesatuan. Satu komando di bawah bendera PKB dan mematuhi AD ART,” katanya saat dikonfirmasi kebarberitaku.com.

Dijelaskannya, dalam AD ART jelas bahwa Muscab itu intinya tidak pada persoalan proses pemilihan ketua, karena DPP yang akan menentukan ketua DPC di setiap kabupaten/kota.“Putusan DPP nanti akan mengumumkan siapa ketua dan wakilnya. Termasuk bendaharanya. Apakah orang lama atau orang baru. Menjadi kewenangan mutlak DPP,” jelasnya.

Kata dia, adapun yang menjadi tolak ukur pusat salah satunya adalah bahwa bagaimana pimpinan PKB nantinya, dapat membawa organisasi menjadi partai modern, berbasis kader dan kultur.“Sehingga nanti fokus membesarkan partai. Lebih dari itu nanti menyadari bahwa PKB lahir dari rahim NU (Nahdlatul Ulama),” terang Agus Salim

Senada dengan Agus Salim, Sekretaris DPC PKB Kota Tegal, Drs Anshori Faqih mengatakan, bahwa Muscab 2021 ini akan diawali dengan penilaian laporan kinerja DPC PKB, terkait apa saja yang telah dilakukan selama satu periode. Ia mengatakan, DPC PKB Kota Tegal mengusulkan sejumlah nama ke DPP PKB “Jadi seluruh DPC nanti ada penilaian selama satu periode. Apa yang sudah dilakukan, siapa yang sudah melakukan dan sebagainya, untuk DPC PKB Kota Tegal dalam muscab ini mengusulkan sejumlah nama, penentuannya ketua dan Pengurus DPC PKB periode mendatang di serahkan ke DPP PKB,” katanya.

Ia pun menegaskan, bahwa pemilihan Pengurus DPC PKB periode 2021-2026 mutlak menjadi kewenangan Dewan Pengurus Pusat.(Makmur/KBk)

Related posts