Terkendala Batasan Usia, Ratusan Calon Jamaah Haji di Kota Tegal Batal Berangkat

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( TEGAL )- Sebanyak 104 calon jamaah haji (CJH) asal Kota Tegal Jawa Tengah batal berangkat ke tanah suci tahun ini. Pasalnya, usia ratusan CJH tersebut saat ini di atas 65 tahun.

Kepala Kemenag Kota Tegal, Fathul Himam , S.Ag., M.Pd.I , mengatakan, berdasarkan syarat dan aturan yang diterapkan pemerintah Arab Saudi, usia maksimal CJH yakni 65 tahun. Dari total kuota tahun 2020 sebanyak 214 Calon Jamaah Haji , namun karena persyaratan dari pemerintah arab saudi , kota Tegal mendapatkan kuota 110 calon jamaah haji yang diberangkatkan untuk tahun 2022. ” Aturan pelaksanaan ibadah haji di tahun 2022 hanya mengizinkan jamaah yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal berusia 65 tahun. Aturan tersebut yang menerapkan adalah pemerintah Arab Saudi. Oleh sebab itu dari total kuota CHJ Kota Tegal sebanyak 214 orang tersebut yang berangkat totalnya 109 CHJ dan 1 dari TPHD, jadi total ada 110 CHJ yang akan berangkat menuju tanah suci. Besok Selasa 14/6/2022 pelepasan Jamaah Haji Kota Tegal di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal,”jelasnya Senin ( 13/6/2022).

Read More

Menurut Fathul Himam, bagi calon jamaah haji yang tidak berangkat pada tahun 2022 meski sudah lunas untuk tidak khawatir karena tetap akan diberangkatkan pada tahun berikutnya atau menjadi calon jamaah haji tunggu berangkat. Namun demikian mereka kemungkinan bisa berangkat musim haji tahun depan jika aturan batasan usia tidak diberlakukan lagi” Untuk jamah haji yang belum bisa diberangkatkan diharapkan bersabar adapun jamah yang ingin lebih tentang tabungan haji yang sudah masuk pemerintah dan yang kecewa bertahun tahun menunggu silahkan datang ke Kemenag Kota Tegal secara langsung,”pungkasnya. ( Zaenal Arifin/KBk)

Related posts