Waspada, 5 Juta Password Gmail Bocor!

Berita mengejutkan bagi anda pengguna Gmail, Karena ada hacker yang menyebarkan setidaknya lima juta alamat email, username, beserta password layanan email milik Google tersebut.

Database berhasil dibocorkan lewat forum keamanan Bitcoin, btcsec.com. Oleh salah satu anggotanya dengan nickname tvskit, setidaknya 60% dari alamat email tersebut masih valid alias belum diubah passwordnya oleh pemilik akunnya.

“Keamanan pengguna kami adalah sangat penting bagi kami. Kami tidak punya bukti bahwa sistem kami rentan. Tetapi setiap kali kita menyadari bahwa akun pengguna menghadapi masalah ini, Gmail pasti langsung mengambil langkah-langkah untuk membantu pengguna,” jelas Google, seperti dikutip dari The Telegraph, Kamis (11/9/2014).

Seperti konfirmasi dari Google mengenai masalah ini, Google sendiri tidak menyangkal ada beberapa passoword pengguna Gmail yang bocor. Namun, mereka membantah bahwa ada bukti sistem mereka telah berhasil ditembus oleh hacker.

Maksud dari pernyataan Google ini adalah bahwa mungkin memang ada password dari anggota Gmail yang dicuri. Akan tetapi itu bukan karena sistem Gmail yang dibobol, bisa saja dengan cara yang lain, seperti phising dll.

Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, lebih baik para pengguna Gmail pun segera mengganti password miliknya sesering mungkin. Hal ini untuk mencegah bahaya yang masuk ke akun Gmail anda.

Sumber