Home Bisnis BI Tegal Sediakan Uang Kartal Rp 5,4 Triliun Untuk Kebutuhan Lebaran 2019

BI Tegal Sediakan Uang Kartal Rp 5,4 Triliun Untuk Kebutuhan Lebaran 2019

9
0
dok:WB

KabarBeritaku.com, ( Tegal )– Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBi) Tegal menyiapkan uang kartal sebesar Rp 5,4 Triliun untuk memenuhi kebutuhan lebaran tahun 2019. BI membuka layanan penukaran uang kecil untuk masyarakat Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, dan Batang.

“Kalau kami hanya melayani penukaran uang kecil kepada masyarakat melalui layanan kas mobil keliling dan melayani penukaran uang yang sudah tidak layak edar. Yaitu uang yang ditarik dari peredaran, rusak, lusuh, dan terbakar,” kata Joni, Senin (20/5/2019).

Menurut Joni, jumlah uang yang disediakan masih sama dengan lebaran tahun kemarin. ” Masih sama Rp 5,4 triliun, kami memperikirakan uang di perbankan pada Ramadan dan Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai Rp 3,2 triliun. Jumlah itu meningkat Rp 300 miliar dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 2,9 triliun,”ucap Joni.

Dijelaskan Joni BI menerapkan kebijakan clean money policy. Yaitu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menukarkan Uang Tidak Layak Edar (UTLE). Joni juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu banyak melakukan penukaran. ” Masyarakat untuk hati-hati saat melakukan transaksi. Termasuk mewaspadai peredaran uang palsu yang bisa terjadi kapan saja,”paparnya.(Makmur/KBk)