Sudah Ground Breaking, IMB Hotel Dafam Guci Resort Tegal Ternyata Belum Turun

KabarBeritaku.com, ( Slawi )– Pembangunan Hotel Dafam Guci Resort Tegal berlokasi di sekitar objek wisata Pemandian Air Panas Guci, Kabupaten Tegal , segera dimulai setelah dilakukan peletakan batu pertama atau ground breaking Rabu (20/06/2019). Namun, pembangunan hotel bintang empat itu masih terkendala karena izin mendirkan bangunan (IMB) belum turun.

BACA JUGA : Ground Breaking Hotel Bintang Empat Di Kawasan Obyek Wisata Guci

Peletakan batu pertama dihadiri secara langsung Dinas Pariwisata, pihak kontraktor PT Maha Karya Guci Propertindo bersama pengelola, PT Dafam Hotel Management (DHM) di Pekandangan, Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Dari informasi yang dihimpun KabarBeritaku.com, persyaratan mengurus Izin Mendirikan Bangunan baru diajukan dua hari sebelum pelaksanaan peletakkan batu pertama. Bahkan tim survey dari Instansi terkait ke lokasi pada Kamis ( 21/06/2019 ) pasca peletakkan batu pertama.

Terkait persoalan IMB Komisaris Hotel Dafam F Soleh Dahlan kepada KabarBeritaku.com mengatakan, pihaknya mengakui rencana pembangunan hotel Dafam di kawasan Obyek Wisata Guci belum mengantongi IMB dari pemerintah kabupaten Tegal.Namun demikian Soleh mengaku sudah mendapatkan lampu hijau dari DInas Penanaman Modal dan PTSP (DPMPTSP), oleh karena itu pihaknya berani langsung memulai membangun. ” Saya sudah mengajukan perijinan sudah satu tahun lebih, tetapi sampai saat ini IMB tersebut belum jadi. Untuk itu kami meminta kepada Bupati Tegal supaya kepengurusan periZinan agar keluarnya tidak lamban. Kalau hal ini di biarkan tanpa tidak ada ketegasan dari pimpinan daerah jika bawahannya kerjanya lamban,”terangnya.

 

Terpisah Plt.Kepala Bidang Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tegal,Nurhadi mengatakan, pembangunan Hotel Dafam Guci Resort Tegal berlokasi di sekitar objek wisata Pemandian Air Panas Guci, Kabupaten Tegal belum mempunyai izin mendirkan bangunan (IMB). Nurhadi membenarkan jika pihak Dafam Hotel mengajukan persyaratan mengurus Izin Mendirikan Bangunan dua hari sebelum peletakan batu pertama.” Betul IMB belum ada, karena persyaratan IMB baru masuk hari Senin (17/06/2019),”jelasnya.

 

Hal serupa juga dikatakan Kepala Seksi Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Diskimtatu kabupaten Tegal Moch. Guntur, persyaratan untuk IMB pembangunan Hotel Dafam diterima pihaknya dua hari sebelum peletakkan batu pertama. Guntur mengaku, untuk proses legalitas gambar pembangunan diselesaikan sekitar 14 hari.” Kami menerima syarat IMB dua hari sebelum peletakkan batu pertama.Terus kami juga harus survei dulu untuk melengkapi legalitas gambar pembangunan. Untuk yang mengeluarkan IMB Dinas Perzinan,”jelasnya.

Sementara kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tegal kabupaten Tegal Fakihurrokhim saat akan di konfirmasi tidak berada di tempat. (Jaylani/KBk)