300 Peserta Ramaikan Kontes Bonsai Nasional di Tegal

KabarBeritaku.com, ( Tegal )- Pameran dan Kontes Bonsai Nasional yang digelar di GOR Wisanggeni Kota Tegal resmi di buka Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi , Senin (24/6/2019). Dalam pembukaan tersebut hadir Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Pusat Saptodarsono, Maestro Bonsai Budi Sulisto, Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah, Pengurus PPBI diwilayah Indonesia.

Ketua Panitia Murdo Murdiono melaporkan bahwa Pameran dan Kontes Bonsai tersebut berlangusung dari 19 Juni hingga 1 Juli 2019 di GOR Wisangeni.

‘’Ada 300 peserta yang mengikuti pameran dan kontes bonsai nasional ini, ada dari wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat serta dari provinsi lain,’’ paparnya.

Dengan mengusung tema ‘’Bonsai Tegal Moncer Maning’’ PPBI berharap masyarakat Tegal dan sekitarnya lebih mengenal bonsai yang bisa dijadikan alternatif dalam bidang ekonomi kreatif.

‘’Ada pula pelatihan membuat dan membentuk bonsai berkualitas dan bursa penjualan bonsai bagi petani bonsai,’’ tambahnya.

Sedangkan Ketua PPBI Pusat Saptodarsono dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan digelarnya event nasional ini nantinya kedepan Tegal lebih dikenal.

‘’Kita harapkan agar Kota Tegal menjadi kota bansai, upaya ini merukan salah satu bentuk untuk memperkenalkan kepada kaum muda dan dunia pendidikan, tidak menutup kemungkinan bonsai bisa masuk ke dunia pendidikan seperti sekolah dan kampus.’’ ujar Saptodarsono

Senada dengan Saptodarsono, Budi Sulistyo yang merupakan maestro bonsai dan sekaligus bagian pengembangan bonsai untuk luar negeri mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PPBI Tegal dan Pemerintah Kota Tegal.

‘’Bonsai kita tidak kalah saing dengan negara lain, akan tetapi kita memiliki kendala dalam hal eksport ke luar negeri yakni dal hal pengiriman, kita memiliki kendala dalam hal eksport terutama pengiriman yang prosesnya berbelit-belit, mudah-mudahan Pemerintah Kota Tegal bisa mendorong agar mengusulkan agar proses bisa disederhanakan. Saya bangga dengan Tegal,’’ ungkap Budi Sulistyo.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi yang dalam hal tersebut mewakili Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono mengapresiasi atas capaian dari PPBI Tegal yang mampu meggelar kegiatan dalam skala nasional.

‘’Ini langkah awal yang baik untuk Kota Tegal. Kami punya visi yakni meningkatkan industri kreatif, kita perlu kerja keras dalam hal tersebut. Dan tentu kedepan mohon dipikirkan agar dapat mengadakan acara berskala internasiona di Tegal agar Kota Tegal dapat dilebih dikenal. Bonsai Tegal moncer maning dan Bonsi Inodonesia moncer di dunia internasional,’’ pungkas Jumadi.

Disela kegiatan tersebut juga diadakan pelantikan pengurus PPBI Tegal dan PPBI Brebes oleh PPBI Pusat.(Makmur/KBk)