Gaji Tenaga Harian Lepas Jauh di Bawah UMK Kota Tegal

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, (Tegal) – Meski Umpah Minimum Kota Tegal tahun 2020 sebesar Rp. 1.925.000,-. Namun gaji Tenaga Harian Lepas ( THL ) di lingkungan Pemerintah kota Tegal masih jauh di bawah. Berdasarkan hasil penelusuran tim redaksi KabarBeritaku, rata-rata gaji pokok THL di kota Tegal Rp. 1.650.000,- masih dibawah UMK.

“gaji pokok THL di beberapa dinas seperti KLH, DPUPR, Disperkim masih dibawah UMK, mereka per hari dibayar rata-rata 65 ribu dengan hari aktif kerja per bulan 25 hari,” ucap salah satu PNS kota Tegal berinisial A.

Read More

Kasubbag Umum DPUPR kota Tegal yang akrab dipanggil Ipang mengamini hal itu. Tenaga Harian Lepas non PNS di DPUPR kota Tegal dibayar perhari bervariasi.” “THL atau pegawai non PNS di DPUPR tepatnya di bidang PJU ada sekitar 13 orang, mereka dibayar per hari ada yang 50 ribu, 60 ribu dan 65 ribu, beda-beda, kemudian diakumulasikan dalam satu bulan,” katanya, Kamis (23/01/2020) siang.

Siti Mutmainah, istri dari almarhum Sapto mengaku pendapatan suaminya saat bekerja sebagai THL di PJU DPUPR kota Tegal sulit untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. “Kalau suami saya tidak berusaha untuk mencari penghasilan tambahan, jelas kami tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup,” katanya.

Terpisah, salah seorang THL di kecamatan Margadana berinisial K ¬†juga mengaku pasrah dengan pendapatannya yang di bawah UMK kota Tegal. “Gaji saya perbulan kalau diakumulasi sekitar 1,65 juta. Mau bagaimana lagi, saya butuh kerja, saya butuh uang meski dibawah UMK ya saya lakoni,” katanya.( Pranoto/Kbk)

Related posts